GRAHA SENI DAN KREATIVITAS ANAK DI MANADO (Perilaku Dalam Arsitektur)

Authors

  • Fernita Saidi
  • Roosje J. Poluan

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i2.2405

Abstract

ABSTRAK

Anak sebagai tunas muda harapan masa depan bangsa harus dibekali dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan yang saling menunjang untuk membawa bangsa menjadi bangsa yang besar dan terdepan.

Graha Seni dan Kreativitas Anak di Manado merupakan suatu wadah bagi anak-anak untuk bermain dan belajar dengan didukung fasilitas penunjang yang dibuat sedemikian rupa untuk menunjang perkembangan pada diri anak, di mana anak dibiarkan bebas berkreasi, bereksplorasi, dan bermain dengan imajinasinya.

Graha Seni dan Kreativitas Anak di Manado sebagai sarana pengembangan Seni dan Kreativitas Anak dengan pendekatan Tema yang Diangkat yaitu Perilaku Dalam Arsitektur adalah sebuah fasilitas bagi anak-anak usia 1 - 12 tahun pada khususnya dengan menerapkan konsep Seni dan Kreativitas yakni bermain sambil belajar (fun learning) yang bertujuan membantu pengembangan diri anak-anak serta menggunakan karakteristik anak-anak dalam berbagai kelompok usia sebagai dasar perancangan, baik mikro (jenis kegiatan dan ruang) maupun makro site dan desain bangunan).

Pendekatan Perilaku Dalam Arsitektur digunakan sebagai upaya untuk menghasilkan bangunan yang sesuai dengan sasaran penggunanya, di mana bangunan dirancang berdasarkan perilaku pengguna dan bukan pengguna yang menyesuaikan bangunan.

Keaktifan dalam bermain membutuhkan perhatian khusus, terutama dari segi keamanannya sehingga mempengaruhi pula pada bentuk dan pemilihan material bangunan.

Kata Kunci: Seni dan Kreativitas, Anak, Perilaku dalam Arsitektur.

Downloads

Published

2013-08-15