BIARA FRATER TAREKAT CMM DI TOMOHON (SAKRALISME DALAM ARSITEKTUR)

Authors

  • Marcovani R. Wowor
  • Alvin J. Tinangon

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i2.2525

Abstract

ABSTRAK

Biara adalah salah satu sarana tempat berkegiatan para biarawan/ biarawati yang dalam hal ini adalah Biara CMM untuk tempat berkegiatan para Frater CMM. Biara umumnya memiliki fungsi yang majemuk yaitu tempat tinggal, tempat ibadah, tempat studi dan tentu saja dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti sarana  rekreasi dan olahraga, berkebun bahkan tempat pekuburan.

Dilihat dari banyaknya fungsi suatu biara, maka sudah seharusnya biara dibuat senyaman dan aman mungkin sebagai suatu tempat tinggal, tenang dan sakral sebagai tempat ibadah dan berdoa, nyaman untuk tempat studi, luas dan alami untuk menunjang fungsi pendukung lainnya seperti rekreasi dan olahraga berkebun maupun pekuburan.

Tetapi dari kesemua fungsi yang ada biara sangat identik dengan kesakralan, karena biara bukanlah tempat tinggal biasa melainkan tempat tinggal yang dikhususkan untuk mereka yang menyatakan diri sepenuhnya untuk melayani Tuhan lewat karya-karya mereka didunia.

Untuk itulah dalam merancang biara diperlukan unsur Sakralisme didalam setiap bangunan yang ada maupun pada ruang luar, sehingga ketika memasuki biara orang akan dapat langsung merasakan perbedaan antara bangunan biara dan bangunan lainnya.

 

Kata kunci: Biara, Sakralisme

Downloads

Published

2013-08-22