SPORT CENTER DI KOTA TOMOHON. High Tech Architecture

Fernando Z. Runtuwene, Jefrey I. Kindangen, Aristotulus E. Tungka

Abstract


Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Di Indonesia olahraga mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dapat dilihat dari pencapaian di tahun 2018 yakni Indonesia menduduki posisi keempat dalam Asian Games ke-18 sekaligus menjadi tuan rumah dalam gelaran akbar tersebut. Kota Tomohon dewasa ini menjadi salah satu kota di Sulawesi Utara yang berkembang cukup pesat di sektor olahraga, dengan berbagai event tahunan yang aktif diselenggarakan oleh permerintah kota Tomohon yakni Walikota Cup dan Liga Pelajar. Respon aktif masyarakat menjadi alasan utama event-event olahraga Kota Tomohon dapat terlaksana. Namun karena fasilitas olahraga yang masih kurang dan faktor kenyamanan yang belum terpenuhi berujung pada minat masyarakat terhadap olahraga mulai menurun.

Sport Center ini menjadi jawaban yang tepat dimana objek arsitektural ini dapat mewadai berbagai jenis olahraga. Dilakukan pendalaman tentang bangunan Sport Center dan standarisasi perancangannya serta tinjauan mengenai kota Tomohon.

Mengusung Tema High Tech Architecture diharapkan objek arsitektural ini bisa menambah ketertarikan masyarakat Kota Tomohon terhadap olahraga. Selain itu diharapkan dengan hadirnya Sport Center ini akan muncul pemahaman baru tentang suatu bangunan dengan penerapan tema High Tech Architecture.

 

Kata Kunci : Olahraga, Kota Tomohon, Sport Center, High Tech Architecture


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.