GALERI DAN PERTUNJUKAN MUSIK DI MANADO. Metaphor Architecture

Farrell H. J. Kesek, . Sangkertadi, Cynthia E. V. Wuisang

Abstract


Musik adalah seni yang sangat melekat di Indonesia, khususnya di Manado. Musik dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk menampung dan mengekspresikan diri dalam seni pertunjukan musik. Berbagai kegiatan pertunjukan dan pameran musik selalu disertai dengan berbagai jenis kegiatan, yang mana musik tersebut menjadi bagian dari proses kehidupan dan simbol dari jati diri masyarakat. Hingga saat ini berbagai kegiatan musik terus dipertahankan. Salah satu cara mempertahankan dan mengembangkannya adalah dengan membuat komunitas musik ataupun sanggar-sanggar musik. Sangat disayangkan, saat ini dengan adanya sanggar-sanggar musik yang menunjang pelestarian dan berkembangnya musik  di Manado, belum ada sarana Gedung yang memadai,  untuk mewadahi mereka yang berjuang dalam bidang musik secara keseluruhan di kota Manado ini.

Melihat kurangnya fasilitas seni musik yang dapat menampung serta mengembangkan minat atau hobi masyarakat dalam bermusik di Manado, maka penulis tertarik untuk merencanakan pembangunan Galeri dan Pertunjukan Musik di Manado, dan mengambil lokasi di daerah Mapanget karena melihat kedepannya pusat keramaian dan fasilitas kota Manado akan dialihkan ke daerah Mapanget dan sekitarnya.

Dengan mengambil tema Arsitektur Metafora, perancangan Galeri dan Pertunjukan Musik skala kota Manado ini akan dibuat dengan menerapkan konsep sebagai gagasan bentukan perancangan Galeri dan Pertunjukan Musik di Manado

 

Kata Kunci : Galeri dan Pertunjukan Musik, Arsitektur Metafora, Kota Manado, Mapanget


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.