MALL KECANTIKAN DI MANADO (Building As Capital Investment)

Authors

  • Julita A. Lumantouw
  • Frits O. P. Siregar

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i3.3584

Abstract

Abstrak

Mall adalah kata serapan dari bahasa Inggris “Mall†yang diterjemahkan menjadi gedung atau kelompok gedung yang berisi macam-macam toko yang dihubungkan oleh lorong/koridor (jalan penghubung). Istilah Mall kemudian digunakan untuk suatu kawasan belanja yang terdapat dalam suatu gedung/kompleks yang dinaungi oleh atap. Mall dihadirkan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, juga dapat menjadi sarana interaksi sosial. Pengunjung yang datang di mall sebagian besar adalah wanita dengan tujuan untuk perawatan kecantikan, berbelanja dan refreshing. Mall ini dirancang khusus untuk menggabungkan semua hal tentang kecantikan juga sebagai tempat hiburan dan rekreasi yang tersedia dalam satu bangunan. Dengan adanya Mall Kecantikan ini masyarakat dimudahkan untuk menjangkau kebutuhan mereka dalam hal kecantikan dalam satu bangunan.

Dalam perancangan Mall Kecantikan Di Manado ini, menggunakan tema “Building as Capital Investment†yakni dengan menerapkan prinsip-prinsip Capital Investment sehingga diharapkan dari hasil penerapan tersebut bangunan dapat menjadi suatu investasi modal, sehingga akan muncul suatu desain yang dapat memberikan keuntungan bagi pemilik bangunan. Untuk menghadirkan objek desain ini, perancangan melewati proses seperti pendekatan tema Building as Capital Investment,pendekatan tipologi objek, pendekatan analisis tapak,  kerangka pikir serta metode pengumpulan data.

Hasil rancangan Mall Kecantikan Di Manado mengacu pada tema desain Building as Capital Investment dengan konsep aplikasi tematik yakni berada pada lokasi yang strategis, memiliki visibilitas yang baik, kemudahan akses menuju objek rancangan, memiliki karakter / Citra (Brand Image) sebagai mall terspesialisasi/khusus yang menangani layanan dan produk tentang kecantikan, menerapkan prinsip kenyamanan bangunan yaitu kenyamanan termal, kenyamanan pencahayaan kenyamanan audio, dan kenyamanan sirkulasi didalam maupun diluar bangunan. Menyediakan semua kebutuhan tentang kecantikan yang tersedia dalam satu bangunan, juga menyediakan fasilitas lainnya seperti fasilitas entertainment (restoran dan cafe) dan fasilitas penunjang guna mendukung aktifitas di dalam bangunan.

Kata Kunci           : Mall, Kecantikan, capital Investment

Downloads

Published

2014-02-13