KONSEP LINGUISTIK DALAM RANCANGAN ARSITEKTUR

Authors

  • Astrid Rawung
  • Indradjaja Makainas Jurusan Arsitektur UNSRAT Manado

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i1.360

Abstract

ABSTRAK

Karya tulis ini menjelaskan tentang konsep Linguistik yang di hubungkan dalam suatu rancangan Arsitektur. Konsep ini untuk mengkaji sejauh mana pemahaman konsep Linguistik yang dapat menyatu dengan Arsitektur, sehingga dapat melahirkan suatu ide-ide rancangan yang komprehensif dengan penggabungan tata bahasa komunikasi dan objek yang akan dirancang.

Sebagian besar perancang / para Arsitek membawa pengetahuan individu dan perspektif untuk tim kerjanya, termasuk dalam mengemukakan hipotesis perancang. Hipotesis kemudian diuji dalam bentuk pengamatan dengan tata bahasa struktur (bahasa melalui konsep yang disajikan). Bahasa bermain setidaknya dua peran dalam suatu desain. Pertama, bahasa berfungsi sebagai representasi dari ide dan konsep melalui perilaku Linguistik yang mewakili struktur pemikiran selama proses desain. Kedua, bahasa juga melakukan tindakan dan dapat  menciptakan hasil karyad alam bentuk yang dahulunya berupa struktur pemikiran, kini dapat menjadi objek-objek rancangan bangunan yang terstruktur.

Hal ini memungkinkan para perancang untuk memiliki hubungan yang jelas, antara ide-ide yang tersimpan dalam pikiran masing-masing dan dari semuanya itu, dapat menghasilkan komunikasi dalam konsep desain bentuk dan ruang yang Arsitektural.

Kata Kunci: Linguistik, Bahasa

Downloads

Published

2012-05-01