PRAJAPATI MANDALA DI MINAHASA - Kosmologi dalam Arsitektur

Authors

  • Ida Dewa Marrendra
  • S. Suryono

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i2.580

Abstract

PRAJAPATI MANDALA DI MINAHASA                                 (KOSMOLOGO ARSITEKTUR)

Ida Dewa Marrendra[1]

Ir. Suryono[2]

ABSTRAK

Di Provinsi Sulawesi utara khususnya di Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa Utara dan Minahasa belum terdapat krematorium sehingga umat hindu harus melaksanakan upacara Ngaben di kampung halamannya padahal mereka sudah lama menetap dan menjadi warga disitu. Beberapa hal yang juga sering terjadi ketika dilaksanakannya upacara kedukaan seperti upacara tidak berjalan lancar karena lahan rumah keluarga sebagai rumah duka yang terbatas dan sempit sehingga terjadi kemacetan karena sering pemakaian jalan umum untuk kegiatan upacara duka. Untuk itu dirancang krematorium yang dapat mewadahi kebutuhan masyarakat tersebut berupa Prajapati Mandala. Proyek tugas akhir ini di desain dengan tema Kosmologi Arsitektur sebagai wujud dari krematorium yang berkaitan dengan filosofi Hindu.

Berbagai proses dilakukan untuk memaksimalkan desain krematorium ini seperti pencarian data dan survey lokasi serta implementasi arsitektural yang dituang dalam produk gambar kerja dengan menggunakan CAD.

Berdasarkan proses di atas maka dihasilkan bangunan krematorium yang lebih kreatif baik dari pembagian fungsi, tata bangunan serta fasade bangunan. Karena itu bangunan krematorium ini memiliki ciri khas Hindu yang unik serta menarik bagi pengguna maupun pengunjungnya.

Kata Kunci : Krematorium, Prajapati Mandala, Ngaben, Kedukaan.


[1] Mahasiswa PS 1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Published

2012-11-19