RUMAH MODE DI MANADO - Skin and Bones Fashion: Weaving in Architecture

S Syafriyani, Linda Tondobala

Abstract


ABSTRAK

Dunia mode berkembang sesuai dengan tuntutan zaman, teknologi yang semakin canggih, masyarakat yang moderen sehingga mode merupakan suatu aspek yang penting di seluruh dunia. Kota Manado memiliki potensi dalam dunia mode karena kemampuan masyarakat Manado yang fashionable, kondisi lingkungan sekitar yang kondusif dan dari segi bisnis banyaknya pertokoan mode yang menawarkan produk-produk baik dalam maupun luar negeri, memberikan peluang yang sangat baik pada devisa kota Manado Namun Belum adanya fasilitas mode yang lengkap, menggabungkan kegiatan komersial, pendidikan dan hiburan pagelaran busana. Sehingga memunculkan ide perancangan Rumah Mode Di Manado.

Kehadiran Rumah Mode Di Manado ini tidak hanya terbatas dari fungsi kegiatan yang ada melainkan dibutuhkan suatu bangunan yang dapat mencerminkan identitas dunia mode. Berangkat dari keterkaitan antara bangunan dengan fungsi pewadahannya maka tema yang diambil adalah Skin And Bones Fashion: Weaving In Architecture. Dimana, tenun dalam dunia mode yang merupakan teknik dalam menciptakan suatu kain yang kemudian dirubah menjadi sebuah pakaian akan  diterapkan pada perancangan Rumah Mode Di Manado.

Rumah Mode dirancang dengan menggunakan teknik tenun dan pola tenun. Sehingga pada akhirnya, hasil perancangan bangunan ini akan berkarakteristik dan memiliki seni yang tinggi.

 

Kata Kunci : Mode, Rumah Mode, Tenun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.