HOTEL RESORT DI MERAUKE ‘ORGANIK ARSITEKTUR’

Fanti M. Uguy, Veronica Kumurur

Abstract


Merauke merupakan Kabupaten yang terletak pada bagian selatan dari Provinsi Papua dan paling timur dari wilayah Republik Indonesia. Kekayaan dan aset wisatanya yang merupakan gabungan dari pemandangan alam dan keunikan kebudayaan pun melimpah ruah. Di Kota Merauke juga terdapat beberapa tempat-tempat wisata bahari. Diantaranya adalah Pantai Buti dan Pantai Nasem. Pantai Buti adalah pantai yang terletak tidak jauh dari batas kota Merauke. Pantai ini yang karena letaknya pada bagian timur kota Merauke sehingga sangat indah jika melihat terbenamnya mentari jika hari mulai petang dan juga dapat dibuat sebagai tempat rekreasi yang sangat menyenangkan.

Pantai Buti merupakan Lokasi terpilih dalam perancangan Objek Hotel Resort di Merauke. Dengan penerapan tema Organik Arsitektur, yang mana perencanaan dan perancangan dengan mengambil sumber dari alam yang berupa mahluk hidup atau yang berhubungan dengan mahluk hidup, sebagai pokok dari bentuk dan fungsi bangunan. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari pemerintah Kabupaten Merauke yang menetapkan daerah pengembangan dan kawasan pariwisata adalah daerah pesisir pantai, kawasan lindung taman nasional wasur yang menjadi objek wisata di Kabupaten Merauke.

Kondisi Tapak pada lokasi tidak berkontur, terletak dipersisir pantai dan sangat luas cocok untuk penempatan objek Hotel Resort. Pantai Lampu satu juga bisa menjadi salah satu aspek yang mendapat perhatian dari pemeritah Kabupaten untuk dikembangkan dan ditetapkan sebagai lokasi perencanaan dan pengembangan wisata.

Kata Kunci           : Hotel, Resort, Organik Arsitektur


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.