TERMINAL BUS ANTARMODA DI ISIMU (GORONTALO) (MOBILITAS SEBAGAI PENDEKATAN DESAIN)

Authors

  • Muh. Zulkifli Saida
  • Alvin J. Tinangon
  • Andy Malik

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v4i1.6434

Abstract

Salah satu prasarana yang dibutuhkan Provinsi Gorontalo yakni prasarana transportasi baik itu transportasi udara, darat, dan laut sehingga dapat menghubungkan Provinsi Gorontalo dengan Provinsi-provinsi lainnya yang ada di Indonesia terlebih khusus yang ada di pulau Sulawesi. Hal-hal inilah yang di jadikan tujuan untuk merancang Terminal Bus Antarmoda di Isimu (Gorontalo) yang dihadirkan dengan tema mobilitas sebagai pendekatan desain yang berlokasi di kabupaten Gorontalo, kecamatan Tibawa.

Metode perancangan secara umum dengan melakukan kajian tipologi tentang Terminal Bus Antarmoda, metode kajian tematik tentang Mobilitas sebagai pendekatan desain, metode analisis tapak dan lingkungan, membuat konsep-konsep desain, dan mentransformasikan konsep tersebut menjadi keutuhan desain melalui proses desain generasi dua.

Terminal Bus Antarmoda di Isimu (Gorontalo) adalah sebuah prasarana transportasi jalan untuk keperluan menurunkan dan menaikkan penumpang, perpindahan intra dan atau antar moda transportasi serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum yang berada di desa Isimu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Tema dalam hal ini sebagai acuan dasar dalam perancangan arsitektural, serta sebagai nilai keunikan yang mewarnai keseluruhan hasil rancangan. Tema juga dapat diartikan sebagai koridor dalam pemecahan masalah perancangan, sehingga harus dipertimbangkan faktor asosiasi logis antara tema dan juga objek perancangan. Tema yang digunakan dalam perancangan Terminal Bus Antarmoda di Isimu (Gorontalo) adalah Mobilitas Sebagai Pendekatan Desain.

Desain arsitektural Terminal Bus Antarmoda di Isimu (Gorontalo) yang berawal dari imajinasi dan didesain melalui proses analisa-analisa yang dapat mendukung objek ini dihadirkan sehingga menghasilkan suatu wadah yang bisa berfungsi untuk membantu dan mempermudah masyarakat Gorontalo melakukan perjalanan keluar daerah, dan memperlancar hubungkan darat antar wilayah Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi.

Kata kunci : Terminal Bus Antarmoda di Isimu, dan Mobilitas

Downloads

Published

2015-01-24