KAWASAN WISATA KULINER KUALA JENGKI DI MANADO (PENERAPAN KONSEP PLACE)

Elisabet S. Pua, Dwight M. Rondonuwu, Windy M. Mononimbar

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu potensi yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara. Banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan di Indonesia seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata kuliner.

Wisata kuliner adalah salah satu sektor pariwisata yang tak kalah menarik dengan sektor lainnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing, oleh karena pengaruh dari setiap budaya yang ada di daerah masing-masing tersebut, salah satunya kota Manado.

Pada saat ini kota Manado telah memiliki sejumlah tempat yang menjual makanan-makanan khas sayangnya tempat-tempat tersebut kurang presentatif dan kurang menarik.

Berangkat dari potensi dan permasalahan di atas maka dibutuhkankan perancanaan dan peracangan Kawasan Wisata Kuliner Kuala Jengki di Manado dengan penerapan konsep Place yang mengekspresikan dan menonjolkan keunikan potensi landscape yang berada di pinggiran sungai sehingga tempat ini mampu menampung kebutuhan kuliner khas yang lengkap bagi wisatawan serta tempat yang disertai dengan fasilitas hiburan dan rekreasi bagi masyarakat.

Kata Kunci: Kawasan Wisata, Kuliner, Kuala Jengki, Manado, Place


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.