IMPLEMENTASI KONSEP ARSITEKTUR SEBAGAI ANALOGI BIOLOGIS PADA DESAIN PET CENTER DI MANADO

Authors

  • Christie L. Ciputra
  • Linda Tondobala

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v4i1.6662

Abstract

Pet center adalah pusat penjualan hewan dan pelayanan hewan bagi para pecinta/penyayang hewan peliharaan. Pet center menjual berbagai hewan-hewan peliharaan yaitu: anjing, kucing, burung, ikan dan smallpet, Pet center juga menyediakan berbagai fasilitas diantaranya; fasilitas klinik hewan, salon hewan, tempat pelatihan untuk kategori anjing dan kucing dan juga fasilitas rawat inap bagi hewan yang mengalami sakit parah dan harus dirawat lebih intensif.

Seperti yang kita ketahui, hewan yang dijadikan kesayangan manusia sudah semakin luas.  Hewan seperti hamster, kura-kura, ular, kelinci dan iguana kini mulai dipelihara. Manado sendiri sebagai kota yang mulai berkembang dan berpotensi besar di Indonesia, tetapi kurangnya fasilitas-fasilitas Pet shop yang ada sekarang di Manado menjadi hambatan untuk memelihara, mendidik dan juga merawat kesehatan  hewan peliharaan. Pet center sangat diperlukan sebagai pusat yang mewadahi fasilitas-fasilitas pelayanan hewan tersebut. Kehadiran Pet center direncanakan untuk membantu layanan perawatan dan kesehatan hewan peliharaan agar kosentrasi pelayanan tidak terpusat  di Pet shop yang ada di kota Manado.

Dengan menggunakan pendekatan desain berupa tema perancangan dengan “Arsitektur sebagai Analogi Biologis†yaitu pengaplikasian metode analogi biologis dalam ruang, bentuk, pola sirkulasi dan tatanan ruang luar yang diharapkan memberikan warna tersendiri dalam pelayanan dan penjualan hewan di kota Manado.

 

Kata Kunci : Hewan, Pecinta, Analogi Biologis

Downloads

Published

2015-04-17