COTTAGE RESORT DI PULAU TAGALAYA ‘ARSITEKTUR REGIOALISME’

Jhohan B. Oranye, Roosje Poluan, Suryono MT

Abstract


Cottage Resort:

suatu lingkungan hunian yang terdiri atas unit-unit tempat tinggal yang memiliki fasilitas utama kamar tidur, ruang duduk, km/wc, ruang makan dan dapur serta fasilitas rekreasi penunjang lainya, serta didukung oleh suasana alam yang ada disekitarnya.

Arsitektur Regionalisme:

adalah desain yang konteksnya bersifat region atau kedaerahan tetapi di perbaharui dengan perkembangan arsitekur yang berkembang serta teknologi saat ini sehingga penampilan bangunan  merupakan hasil senyawa dari internasionalisme dengan pola cultural dan teknologi modern.

Desain Cottage Resort di Pulau Tagalaya yang terletak di Kabupaten Halmahera Utara, bertujuan untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Halmahera Utara . Masalah yang terkandung dalam Perancangan sangat kontekstual dengan dunia arsitektur sekarang ini,dimana arsitektur sekarang ini mengalami krisis identitias diakibatkan oleh pengaruh dari arsitektur modern. Arsitektur

Regionalimse, sebagai salah satu perkembangan Arsitektur Modern yang mempunyai perhatian besar pada ciri kedaerahan, Ciri kedaerahan yang dimaksud berkaitan erat dengan budaya setempat, iklim. dan teknologi pada saatnya. Bangunan selalu ditantang untuk menampilakn ciri tertentu. Ciri fisik merupakan salah satu cri yang sangat dibutuhkan untuk sebuah Bangunan, agar Bangunan menarik, mudah diingat dan mudah dikenal. pada Cottage Resort di Tagalaya ditantang untuk menampilkan rumah adat Hibualamo,merupakan rumah besar untuk tinggal serta melangsungkan upacara-upacara lainya.didesain mengambil pola replikative dan tranformatif, desain pada bangunan Cottage dengan pola menyebar ke seluruh penjuru mata angin. Hal ini merupakan penggambaran "Hibualamo" yang selalu terbuka pada siapapun yang datang.

 

Kata kunci  : Cottage Resort Regionalisme,Di tagalaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.