GRAHA OLAHRAGA BILLIARDDI MANADO ‘’MANIFESTASI SPORTIVITAS DALAM ARSITEKTUR’’

Kartika R. Basarang, Sonny Tilaar, Surjadi Supardjo

Abstract


ABSTRAK

Kota Manado merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara memiliki masyarakat yang memiliki penggemar atau peminat olahraga billiar, bermain billiard sekarang sudah menjadi gaya hidup masyarakat Manado, mulai dari remaja hingga orang tua, sehingga olahraga ini bisa dikatakan berkembang di kota manado. Seiring bertambahnya peminat billiard di kota manado, fasilitas yang mendukung minat ini masih kurang dan hanya beberapa tempat saja yang memiliki fasilitas olahraga tersebut, perencanaan Graha Olahraga Billiard di Manado ini didasari oleh belum adanya bangunan yang bisa menampung dan membina serta menjadikan olahraga billiard di Kota Manado bisa berkembang.Maka perencanaan Graha Olahraga Billliard ini diharapkan bisa memfasilitasi akan minat dari masyarakat yang ada di kota manado untuk bisa mengembangkan keahliannya dalam bidang olahraga billiard.

Site perancangan graha olahraga billiard ini berada Jl. Laksda John Lie, Kecamatan Wenang. Site perancangan telah disesuaikan dengan peraturan daerah Kota Manado tentang pengembangan sarana Olahraga dan Rekreasi.

Dalam perancangan Graha Olahraga Billiard ini, tema yang diangkat adalah Manifestasi Sportivitas dalam Arsitektur yang mana tema ini lebih menekankan pada konsep Sportivitas untuk mendapatkan bentukan yang Manifestasi atau Nyata. Dalam hal ini beberapa arti dari sportivitas akan diangkat dan diaplikasikan pada desain Graha Billiar tersebut yaitu: Jujur, Adil dan Disiplin.

 

Kata kunci : Kota Manado, Graha Olahraga Billiard, Manifestasi Sportivitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.