APARTEMEN DI MANADO (BIOCLIMATIC ARCHITECTURE)

Archie I. M. Suawa, Jefrey Kindangen, Luther Betteng

Abstract


Kota Manado memiliki perkembangan dan kemajuan yang pesat di berbagai bidang, sehingga Kota Manado diserbu oleh pendatang dari berbagai daerah untuk mencari kerja. Kebutuhan dan permintaan tempat tinggal semakin meningkat akan tetapi lahan untuk membangun perumahan hanya tersisa di pinggiran Kota saja. Apartemen menjadi jawaban akan kebutuhan tempat tinggal bagi warga Kota Manado dan sekitar, karena apartemen di Kota Manado masih sedikit,Penerapan konsep Bioclimatic Architecture pada apartemen diharapkan dapat menghemat energi dalam operasional dan kenyamanan penghuni dapat tercapai.Dengan menggunakan metode perancangan yang meliputi 3 aspek pendekatan dan proses desain generasi II.

Unit yang tersedia pada apartemen ini ada 3 jenis, yaitu tipe studio, tipe 2 bedroom dan tipe 3 bedroom. Terdapat juga fasilitas penunjang seperti restaurant, café, fitness center, ATM gallery, swimming pool dan juga tempat parkir. Beberapa analisa yang digunakan adalah analisa klimatologi, sirkulasi, finansial dan juga analisa terhadap bentuk.

Secara keseluruhan perancangan Apartemen di Manado dengan tema Bioclimatic Architecture ini merupakan sebuah perancangan skala besar. Dalam konsep apartemen ini memiliki sekitar 20 lantai dan berlokasi di pusat kota, sehingga memiliki beberapa dampak terhadap lingkungan sekitar, baik segi ekonomi, social maupun lingkungan.

Kata kunci: Apartemen, Bioclimatic Architecture, Kota Manado.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.