TAMAN WISATA DANAU LOTA DI MORONGE OPTIMALISASI KAWASAN TEPIAN DANAU

Aghita G. Maliatja, Judy O. Waani, Dwight M. Rondonuwu

Abstract


Kawasan perairan merupakan kawasan yang sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan kehidupan.Air merupakan kebutuhan utama, karena air adalah salah satu faktor penggerak berbagai jenis pekerjaan/ kegiatan.Dari berbagai aspek ini, kawasan perairan memiliki karakter tersendiri yang menarik sehingga, tidak heran kawasan ini sangat diminati.Dari sinilah mula-mula munculnya konsep waterfront, baik di pantai, sungai, danau dan terpisah dengan daratan atau berada di tengah-tengah daratan.Masing-masing memiliki keunikan yang khas.Lama-kelamaan kawasan itu berkembang, hingga menjadi sentra aktivitas yang ramai.

Optimalisasi kawasan tepian danau Lota ini, merupakan wujud perhatian terhadap potensi-potensi yang belum di kembangkan. Selain itu, mengingat daerah Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan daerah yang sebagian besarnya adalah perairan baik itu laut, sungai, danau dan merupakan bagian perbatasan NKRI yang jika proses pengembangannya menggunakan konsep waterfront, bukan tidak mungkin tahun-tahun mendatang akan berhasil seperti yang sudah diterapkan pada Singapura, Sydney, dan Paris yang telah berhasil menggunakan konsep waterfront.

Pengaruh paling utama terhadap perencanaan taman wisata danau Lota yang berkonsepkan optimalisasi kawasan tepian danau sebagai area waterfront merupakan sebuah konsep yang diharapkan kedepannya mampu merubah kualitas ekosistem serta lingkungan danau. Konsep ini memaksimalkan sebisa mungkin setiap bagian-bagian taman mampu mendapatkan view danau, dari berbagai sudut pandang tanpa ada bagian-bagian yang menghalangi view danaunya. Sehingga konsepnya bisa di capai, dan tentunya terus merawat dan menjaga pelestariannya termasuk dalam perencanaan taman wisata danau ini. Dengan demikian tidak hanya ada ruang terbuka saja sebagai fasilitas rekreasi yang disediakan namun, dengan adanya fasilitas ini kondisi danau bisa menjadi lebih baik lagi.

Taman wisata danau Lota, merupakan satu langkah nyata untuk berbagai permasalahan yang timbul dan diharapkan mampu mengatasinya. Sehingga kehadiran taman wisata danau Lota tidak hanya sebatas pemenuhan kebutuhan akan fasilitas rekreasi saja tapi banyak dampak positifnya untuk danau, lingkungan sekitar serta masyarakat yang tinggal dan hidup di sekitarnya.

Kata kunci : Optimalisasi, Potensi, Waterfront


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.