RUMAH SAKIT PARU-PARU DI MANADO - Eco Friendly Design

Authors

  • Kesha Pane
  • Ir. Suryono MT

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i1.912

Abstract

Abstrak

Indonesia merupakan negara tropis yang termasuk dalam 10 peringkat tertinggi angka kesakitan (morbiditas) penyakit paru di dunia. Tingginya morbiditas penyakit paru di Indonesia, khususnya Sulawesi Utara secara umum disebabkan oleh kualitas udara yang tidak sehat (debu, asap, kelembaban, suhu, dll), bertambahnya jumlah perokok, perubahan gaya hidup, penularan melalui virus, bakteri, tingkat pengetahuan yang rendah, tingginya angka kemiskinan dan sedikitnya jumlah fasilitas khusus kesehatan paru di tengah lingkungan urban kota.

Karakteristik penyakit paru yang menular atau tidak menular dan mudah menyebabkan komplikasi pada organ tubuh lainnya, merupakan alasan kuat mengapa penyakit ini perlu ditangani secara khusus dan intensif. Selain itu proses penyembuhannya sangat dipengaruhi oleh lingkungan (alami maupun buatan) yang sehat, nyaman dan udara yang bersih dengan memaksimalkan penggunaan pencahayaan alami.

Melihat kompleksnya permasalahan diatas dan semakin kuatnya isu global warming, maka perlu dipertimbangkan kehadiran rumah sakit paru-paru dengan pendekatan desain yang ramah lingkungan (eco friendly design) di Manado. Pendekatan “eco friendly design†pada rumah sakit paru merupakan strategi desain untuk menghadirkan rancangan rumah sakit yang ramah lingkungan dan untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang hijau, natural dan selaras atau serasi dengan alam. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pasien rawat jalan dan rawat inap, sekaligus sebagai sarana relaksasi bagi seluruh pengunjung dan pegawai rumah sakit sendiri, sehingga secara tidak langsung mempercepat proses penyembuhan (Natural Healing).

Kata Kunci: Tingginya Morbiditas Penyakit Paru, Global Warming, Eco Friendly Design

Downloads

Published

2013-02-07