REDESAIN KAWASAN WISATA KINILOW DI TOMOHON - Arsitekur Simbiosis

Authors

  • Indah Karwur
  • Judy O Waani

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i1.913

Abstract

ABSTRAK

Kota Tomohon adalah kota yang tumbuh dan berkembang pada jalur sirkulasi utama antara Kota Manado dengan kota lainnya di Kabupaten Minahasa. Situasi ini menjadikan posisi Kota Tomohon sangat strategis dan penting dalam kedudukan perekonomian wilayah sekaligus dalam menciptakan kelancaran akses sirkulasi dalam wilayah. Tidak dapat dipungkiri dengan kondisi dan karakteristik wilayah dan kondisi klimatologis yang dimiliki oleh Kota Tomohon, banyak bermunculan tempat peristirahatan seperti villa, resort, cottage dll, yang tujuannya mengundang wisatawan untuk menikmati suasana alam Kota Tomohon yang sejuk.

Panorama gunung dan hamparan lahan pertanian menjadi modal berharga yang ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung di daerah ini. Salah satu objek wisata yang terdapat di Tomohon adalah kolam renang Kinilow. Berdasarkan masalah yang terdapat pada Kawasan Wisata Kinilow, maka perlunya dilakukan Redesain Kawasan Wisata. Penataan ulang di lokasi objek rancangan merupakan usaha meningkatkan minat wisatawan untuk datang berwisata.

Redesain Kawasan Wisata Kinilow Di Tomohon menggunakan tema “Arsitektur Simbiosis†karena objek perancangan berkaitan dengan kenyamanan seseorang baik dengan ruangan (tempat ia beraktifitas) maupun kenyamanan yang diberikan objek terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

Kata kunci : Tomohon, Wisata, Arsitektur Simbiosis.

Downloads

Published

2013-02-07