POLITEKNIK NUSA UTARA di MANGANITU KAB. SANGIHE - Arsitektur kontekstual dengan pendekatan site dan budaya

Authors

  • Yosman Limpong
  • Johanes Van Rate

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i1.916

Abstract

ABSTRAK

Politeknik Nusa utara merupakan perguruan tinggi didaerah bagian Nusa Utara yang secara khusus terfokus kepada pendidikan kebaharian. Dari segi prospek Politeknik Negeri Nusa utara berfungsi untuk meningkatkan kualitas manusia khususnya masyarakat kawasan Nusa utara, yaitu meliputi daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro, yang secara strategis berada pada kawasan Sulu-Sulawesi  yang memiliki prospek ekonomi kebaharian di masa yang akan datang.

Hadirnya perguruan tinggi di Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadikan terobosan bagi pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia. Pada saat ini fasilitas Polnustar belum memadai, sebagai proses yang berkesinambungan pengembangan sumberdaya manusia yang bermutu, maka kita perlu mempertimbangkan, dan perlu dikaji kembali akan fasilitas sebagai penunjang untuk kegiatan proses belajar mengajar tersebut.  Karena sudah mutlaknya untuk menghasilkan suatu pencapaian yang optimal harus diwadahi dengan sarana prasarana yang baik pula.

Arsitektur kontekstual adalah sebuah metode perancangan yang mengkaitkan dan menyelaraskan bangunan baru dengan karakteristik lingkungan sekitar. Dengan Konteks lingkungan daerah perancangan yang memiliki nilai histori dan budaya kebaharian dan pendidikan maka dapat diharapkan lebih meningkatkan kualitas dan respon publik terhadap objek perancangan.

Kata kunci : Polnustar, Kontekstual

 

Downloads

Published

2013-02-07