Rancang Bangun Alat Penguras Dan Pengisi Tempat Minum Ternak Ayam Berbasis Mikrokontroler Atmega 16

Authors

  • Erixon D. Nawali
  • Sherwin R.U.A. Sompie
  • Novi M. Tulung

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i7.10591

Abstract

Abstrack--Living thing needs water,because  water is very important for everyday life. water quality affects the health of every living creature. there are several criteria to determine the water good water quality one of them is clear. Because of the importance of water for the survival of living being particularly chickens. then designed a device that can detect water clarity, which is one indicator of good water quality. Led and LDR is used as a system of clarity in this system and is controlled by a microcontroller atmega16.  and uses sensors to detect the height of the water level in the container                    in this system the controller is atmega microcontroller 16.at the same time filling the water system on the container, when the water does not reach the height limit keywords : clear detection, height detection, mikrokontroler atmega 16, Relay

abstark--Mahluk hidup sangat membutuhkan air, karena air sangat penting untuk kehidupan sehari – hari. Kualitas air mempengaruhi bagi kesehatan setiap makhluk hidup. Ada beberapa kriteria untuk menentukkan kualitas air yang baik salah satunya adalah jernih. Karena pentingnya air bagi kehidupan makhluk hidup, khususnya ternak Ayam, maka dirancang suatu alat yang dapat mendeteksi kejernihan air yang merupakan salah satu indikator dari kualitas air yang baik. Dalam sistem ini digunakan LED dan LDR sebagai sensor kejernihan dan akan dikendalikan oleh Modul mikrokontroller ATmega 16. Dan menggunakan Sensor Ketinggian  untuk mendeteksi ketinggian air dalam wadah.

Dalam sistem ini yang menjadi pengendali adalah mikrokontroler ATMega 16. sistem akan Menguras apabila sensor kejernian telah mendeteksi air dalam wadah telah keruh, secara bersamaan sistem megisi air pada wadah, pada saat air tidak mencapai batas ketinggian.

Kata Kunci: mikrokontroler ATMega 16, relay, Sensor Kejernian, sensor Ketinggian,

Downloads

Published

2015-12-21