Evaluasi Dan Perancangan Peningkatan Unjuk Kerja Jaringan WiFi di Kampus UNSRAT

Authors

  • Reynaldo Wagiu
  • meicsy E.I. Najoan
  • Rizal Sengkey

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v5i3.12562

Abstract

Abstrac-, Rapid technological developments also affect the development of Computer Networks. Companies and organizations began utilizing Computer Network to communicate whether it be a LAN (Local Area Network) or larger-scale networks such as WAN (Wide Area Network). Computer networks are growing calls for a delivery of information is reliable and fast. A good computer network that can transmit data in the form of information to its destination quickly and accurately. WLAN (wireless local area network) becomes the first choice, where WLAN is easier for both the installation process and its usefulness. Computer networks are both very dependent on network topology and implementation Algorithm Routing formed in accordance with the network topology.

Sam Ratulangi University (UNSRAT) has had a computer network to communicate both within the local network and external networks to form the Internet. But to know how well the use of WLAN in Computer Networking UNSRAT, to the need for evaluation.

The evaluation forms the basis for the design to be made to increase the performance of existing wifi network in UNSRAT. Of the design is done, more focus to change subneting on a sub network UNSRAT contained in router technique, router LSK, router law, router economy and routers faculty and where the user at each access point is restricted to the number of IP addresses in order to avoid a pile of users excessive, to avoid the congested lanes of data on a single access point.

 

Keywords: IP address, Router, Subneting, Wifi.



Abstrak-. Perkembangan teknologi yang begitu pesat berpengaruh juga pada perkembangan Jaringan Komputer. Perusahaan-perusahaan maupun organisasi mulai memanfaatkan Jaringan Komputer untuk berkomunikasi baik itu berupa LAN (Local Area Netwrok) maupun jaringan yang berskala lebih besar seperti WAN (Wide Area Network). Jaringan komputer yang semakin berkembang menuntut suatu pengiriman informasi yang handal dan cepat. Suatu jaringan komputer yang baik dapat mentransmisikan data berupa informasi ke tujuannya dengan cepat dan tepat. WLAN (wireless local area network) menjadi pilihan utama,dimana  WLAN yang lebih mudah baik dalam proses instalasi mapun kegunaannya. Jaringan Komputer yang baik sangat bergantung pada Topologi jaringan yang dibentuk dan implementasi Algoritma Routing yang sesuai dengan Topologi jaringan tersebut.

Universitas Sam Ratulangi ( UNSRAT ) telah memiliki suatu Jaringan Komputer untuk berkomunikasi baik dalam jaringan lokal maupun ke jaringan luar berupa Internet. Namun untuk mengetahui seberapa baik penggunaan WLAN pada Jaringan Komputer UNSRAT, untuk itu perlu adanya evaluasi.

Evaluasi yang dilakukan menjadi dasar bagi perancangan yang akan dibuat untuk peningkatan unjuk kerja dari jaringan wifi yang ada di UNSRAT. Dari perancangan yang dilakukan, lebih memfocuskan untuk merubah subneting pada sub jaringan unsrat yang terdapat pada router teknik, router lsk, router hukum, router ekonomi dan router fisip, dan dimana pengguna pada tiap access point dibatasi dengan banyaknya IP address agar tidak terjadi tumpukan pengguna yang berlebihan, ini untuk menghindari padatnya jalur data pada sebuah access point.

Kata Kunci : IP address, Router,  Subneting, Wifi.

Downloads

Published

2016-06-28