Sistem Komunikasi Darurat Bencana Dengan Teknologi Mobile Ad-Hoc Network (MANET)

Authors

  • Audy Gerald Palilingan Sam Ratulangi Manado University
  • Meicsy E.I. Najoan
  • Sherwin R.U.A Sompie

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v9i2.28786

Abstract

Bencana alam merupakan suatu fenomena alam yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung mengganggu kehidupan manusia. Indonesia memiliki tingkat potensi bencana alam yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan infrastruktur telekomunikasi. Di satu sisi, komunikasi pada saat terjadi bencana sangat penting agar penanggulangan bencana dapat berjalan dengan baik

Solusi untuk menangani masalah diatas adalah dengan menggunakan teknologi Mobile Ad-Hoc Network (Manet) untuk membangun sistem komunikasi. Sistem komunikasi ini diharapkan dapat digunakan pada saat infrastruktur utama mengalami kerusakan sehingga bisa digunakan sebagai alternatif komunikasi.

Penelitian yang dilakukan akan diperoleh hasil bahwa teknologi manet cocok digunakan untuk sistem komunikasi pada daerah bencana, karena telah dilakukan uji konektifitasnya yang dapat melakukan self configure dan self healing  pada sistem wifi yang telah terpasang di tiap node manet, meskipun setiap node dalam manet bersifat mobile yang menyebabkan sering terjadinya perubahan topologi.

Downloads

Published

2020-06-25