KRS Online Berbasis Layanan SMS Gateway Di Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi

Sri Ayu Wandira Masi, Arie Lumenta, Arthur Rumagit, Aneke Wowor

Abstract


Hampir semua perusahaan dan instansi pemerintah sudah menggunakan teknologi informasi untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan, tidak terkecuali juga dunia pendidikan, system pelayanan krs online berbasis sms ini dapat membantu mahasiswa dalam mempermudah melakukan layanan pengisian krs,khs dan transkrip, karena dengan system pengisian krs manual memakan waktu dan tenaga dalam proses pelayanan krs yang akan dilakukan setiap akan memulai perkuliahan.
Dalam mengirimkan pesan dalam bentuk sms ke server di perlukan tools server khusus SMS Gateway yang terdapat pada server, kemudian di lengkapi dengan interface pengirimnya berupa sebuah peralatan broadband yakni modem gsm/cdma. Proses transaksi dilakukan melalui media SMS ke SMS Gateway di Server. SMS yang masuk ke Server akan diolah menggunakan script php autorefresh untuk divalidasi dan didistribusikan ketabel-tabel yang telah dibuat, yang pada akhirnya akan didapat status informasi yang akan dikirimkan balik ke pengirim SMS tersebut.Teknologi ini disebut juga dengan nama SMS Gateway.
Dengan menggunakan SMS Gateway,Mysqldan script program php auto refresh maka tercipta system pelayanan KRS dengan sms, dimana setiap mahasiswa bias melakukan pengisian krs,khs dan transkrip melalui media sms,dengan system ini proses pelayanan krs dapat dilakukan dengan mudah dan dapat menghemat tenaga serta waktu.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jtek.1.1.2012.549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Published by  Electrical Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado

Print-ISSN : 2301-8402 Electronic-ISSN: 2685-368X