Analisa dan Perancangan Integrasi WIFI di Kawasan Boulevard Manado Sulawesi Utara

Authors

  • Henrik R. Loho
  • Alicia A.E. Sinsuw
  • Xaverius B.N. Najoan

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i3.8129

Abstract

Abstrak

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan karena kemudahan yang dijanjikan, kebanyakan masyarakat mulai melirik keunggulan teknologi yang mendukung mobilitas untuk bekerja, berkomunikasi dan banyak hal lain lagi. Tujuan dari penelitian ini membahas tentang bagaimana mengintegrasi wireless yang ada, sehingga dapat menjangkau pengguna wireless di sepanjang kawasan Boulevard Manado Sulawesi Utara, dengan melihat bagaimana pentingnya masyarakat semakin hari semakin membutuhkan akan akses koneksi internet yang gratis.

Di dalam laporan ini juga membahas tentang bagaimana observasi, analisa hasil survey keadaan wireless yang ada, kemudian berdasarkan hasil survey tersebut, maka dilakukan analisa dan perancangan integrasi wireless di sepanjang kawasan Boulevard Manado. Berdasarkan hasil analisa dan perancangan integrasi wireless maka membahas tentang bagaimana cara melakukan integrasi wireless yang ada di sepanjang kawasan Boulevard Manado, settingan peralatan wireless yang telah di rancang dan penempatan akses point yang sesuai.

Hasil  yang didapatkan setelah  jaringan wifi di integrasi dapat meningkatkan bandwidth yang ada, sehingga jaringan dapat mensupport masyarakat disekitar dan perancangan ini dapat mencover daerah-daerah blankspot yang ada di Boulevard Kota Manado.

 

Kata Kunci : integrasi wireless, jaringan nirkabel, load balance, smart city.

ABSTRACT

Along with the development of technology and because of the ease promised , most people begin to look for technological excellence that supports mobility for work , communication and many other things . The purpose of this study discusses how to integrate existing wireless , so it can reach wireless users along the Boulevard area Manado North Sulawesi , with a look at how important community is increasingly in need will access the free internet connection .In this report also discusses how the observations , analysis of the results of a survey of existing wireless circumstances , then based on these survey results , the analysis and design of wireless integration along the Boulevard area of Manado . Based on the analysis and design of wireless integration then discuss how the integration of existing wireless along Manado Boulevard area , setting the wireless equipment that has been in the design and placement of access points accordingly. can support the surrounding community and this design can cover the areas blankspot in Manado City Boulevard . Keywords: load balance, smart city, wireless integration, wireless networking. 

Downloads

Published

2015-05-10