PEMODELAN SISTIM MANAJEMEN MUTU PERUSAHAN PENYEDIA JASA KONSTRUKSI (KONTRAKTOR) SKALA KECIL DIKOTA MANADO

Authors

  • Merci F. Hosang
  • Fabian J. Manoppa
  • Debby Willar

Abstract

Penerapan sistem manajemen mutu pada perusahaan penyedia jasa konstruksi (kontraktor) kecil adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya saing industri konstruksi dalam memasuki era persaingan bebas. Permasalahan yang dihadapi oleh kontraktor kecil saat ini adalah masih lambatnya penerapan sistem manajemen sehingga terkadang mengakibatkan proses dan hasil akhir menyimpang dari rencana awal. Kegagalan-kegagalan penerapan mutu dapat mengakibatkan ketidakpuasan dari sang pengguna jasa. Untuk itu, kontraktor kecil dituntut untuk dapat meningkatkan mutu, salah satu caranya dengan menerapkan prinsip prinsip dan elemen-elemen Manajemen Mutu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem manajemen mutu yang berbasiskan ISO 9001:2008 pada kontraktor kecil. Untuk meningkatkan mutu kontraktor kecil di tuntut untuk bisa menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu dan menerapkan elemen-elemen manajemen mutu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan survei pada perusahaan Kontraktor kecil di Kota Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara pemodelan sistem manajemen mutu yang baik akan dihasilkan bila menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu dan elemen-elemen manajemen mutu yang juga be korelasi dengan kinerja kontraktor kecil di kota Manado

Kata Kunci: model,manajemen mutu, penyedia jasa konstruksi,ISP 9001

Downloads

Published

2016-07-15