MANAJEMEN USAHA PRODUK KULINER DI KELURAHAN MAHAKERET BARAT KECAMATAN WENANG KOTA MANADO

Authors

  • Djurwati Soepeno
  • Indrie Palandeng
  • Sinta Wangke
  • Reytty Samadi

Abstract

Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan TIM PKM Manajemen Usaha Produk Kuliner di Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang Kota Manado, melalui kerja sama dengan mitra pelaku usaha kuliner yang ada di kelurahan setempat. Tujuan Penerapan PKM ini adalah memberikan pelatihan teknik kepada kelompok penjual kuliner untuk memberikan pengetahuan manajerial tentang manajemen dan kewirausahaan, pengelolaan modal kerja dan pengembangan usaha melalui strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Usaha kecil umumnya dapat bertahan terhadap krisis ekonomi, namun kemampuan untuk berkembang sangat penting menghadapi persaingan usaha. Sebagian besar para pengusaha kecil ataupun menengah memiliki keterbatasan baik dalam kemampuan modal, SDM, akses informasi, maupun teknologi dan sulit untuk berkembang dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam mengembangkan usahanya. Permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam bisang kuliner adalah kemampuan manajemen yang rendah dari pemilik usaha. Pelaku usaha memiliki keterbatasan dalam mengembangkan usaha dikarenakan keterbatasan kemampuan manajerial yang dimilikinya, pengetahuan mengenai model pengembangan usaha, pengelolaan modal kerja dan memiliki semangat wirausaha yang rendah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah Pertama, tim PKM melakukan kerjasama dengan mitra usaha, kedua melakukan sosialisasi dalam bentuk ceramah, pelatihan dan pendampingan dan Ketiga, laporan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbandingan sebelum dan sesudah kegiatan PKM ini dilaksanakan, kemudian pembuatan laporan. Lingkup batasan penerapan IPTEKS kegiatan ini (i) berbentuk pelatihan teknik kepada masyarakat (pelaku usaha), dan (2) bertujuan memberikan pengetahuan manajerial sekaligus dan ketrampilan teknik mengembangkan usaha.Luaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah kelompok penjual kuliner yaitu peserta memiliki jiwa wirausaha yang lebih tinggi, adanya peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai pengembangan usaha, manajemen modal usaha yang berguna untuk peningkatan pendapatan baik secara individu maupun berkelompok.
_____________________________________________________________________
Kata Kunci: Manajemen, Modal Kerja, Strategi Pemasaran, Usaha Kuliner

Downloads

Published

2019-07-17

Issue

Section

Articles