Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Terumbu Karang di Desa Tumbak Kabupaten Minahasa Tenggara

Authors

  • Ingrid Sembiring
  • Adnan Sjaltout Wantasen
  • Edmin L.A. Ngangi

DOI:

https://doi.org/10.35800/jip.1.1.2012.501

Abstract

KAJIAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT

DALAM PEMANFAATAN TERUMBU KARANG

DI DESA TUMBAK KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

 

Ingrid Sembiring1, Adnan S Wantasen2, Edwin LA Ngangi2

 

ABSTRACT

 

Coral reefs in the coastal village of Tumbak an area used by the public as a source of life to fulfill their daily needs. Activities that primarily use is as a source of food and livelihood as most of the villagers through fishing activities for sale. In fact, the availability of coral reefs in the country has led to the use of excessive and damaging ecosystems not only as a source of food and fishery commodities but also its designation as a building material. The purpose of this study was (1) to find out the background of the societies in the village tumbak, (2) to find out the type of use of coral reefs that have been done by the community.

 

 


Keywords : coral reefs, socio-economic.

 

ABSTRAK

Terumbu karang di pesisir pantai Desa Tumbak merupakan kawasan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber kehidupan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kegiatan pemanfaatan yang terutama adalah sebagai sumber pangan dan sebagai mata pencaharian sebagian besar penduduk desa melalui kegiatan penangkapan ikan untuk dijual. Pada kenyataannya, ketersediaan terumbu karang di desa ini telah mendorong terjadinya pemanfaatan yang berlebihan dan bersifat merusak ekosistem tidak hanya sebagai sumber pangan dan komoditi perikanan tetapi juga peruntukannya sebagai bahan bangunan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang sosial ekonomi masyarakat di Desa Tumbak; (2) Mengetahui jenis pemanfaatan terumbu karang yang telah dilakukan oleh masyarakat.

 

 


Kata kunci : terumbu karang, sosial-ekonomi.

 

 

 


1 Mahasiswa Pacasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado

2 Staf pengajar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi

Downloads

Published

2012-10-25

How to Cite

Sembiring, I., Wantasen, A. S., & Ngangi, E. L. (2012). Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Terumbu Karang di Desa Tumbak Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah PLATAX, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.35800/jip.1.1.2012.501