PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI PASTORAL(STP) DON BOSCO TOMOHON

Efriska - Samosir,, Jeffry Wiliam Londa, Anita - Runtuwene

Abstract


ABSTRAK

Salah satu sumber belajar yang sudah lama diperlukan hingga sampai sekarang masih tetap diperlukan dalam setiap satuan pendidikan adalah perpustakaan, hakikat perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Perpustakaan mempunyai peranan sangat penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik serta meningkatkan kualitas Pendidikan dan pembelajaran. Peelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa di Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada staff pustakawan dan mahasiswa terhadap pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Dalam hal ini perpustakaan masih perlu pembenahan dilihat dari segi fasilitas perpustakaan masih sangat memprihatinkan, kondisi ruangan yang sempit, perabotan kurang ter tata rapih, dan koleksi buku masih kurang dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Dalam hal ini dosen berperan penting untuk mengintegrasikan perpustakaan dengan sumber belajar, dengan cara dosen menginstruksikan kepada mahasiswa agar supaya mencari buku atau bahan belajar di perpustakaan. Dalam hal ini perpustakaan juga berupaya dalam memperbaiki kualitas perpustakaan demi kenyamanan pemustakanya dengan memperbaiki fasilitas di perpustakaan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 6 informan. Peneliti menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulam. Hasil penelitian yang dikumpulkan melalui wawancara tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di sekolah tinggi pastoral don bosco Tomohon.

 

Kata kunci: Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah Tinggi, sumber belajar,   mahasiswa

 

 

 

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.