KAJIAN PERANCAH DITINJAU DARI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Ferry Alexander Andu

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat dunia industri berlomba-lomba melakukan efisiensi dan meningkatkan produktivitas dengan menggunakan alat-alat produksi yang semakin kompleks. Makin kompleksnya peralatan yang digunakan, makin besar pula potensi bahaya yang mungkin dan makin besar pula kecelakaan kerja yang ditimbulkan apabila tidak dilakukan penanganan dan pengendalian sebaik mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa masalah-masalah keselamatan dan Kesehatan Kerja tidak lepas dari kegiatan dalam pekerjaan konstruksi secara menyeluruh. Masalah ini diangkat dengan mengamati sistem pemasangan perancah di jalan Tol Manado Bitung CSU 01, ditinjau dari keselamatan kerja.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara mengadakan observasi langsung di lapangan serta mengambil dokumentasi. Setelah data terkumpul, data tersebut diidentifikasikan kemudian dianalisis.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan perancangan perancah di jalan Tol Manado Bitung CSU 01 menunjukkan hal bahwa semuanya sesuai dengan standar yang berlaku untuk keselamatan dan Kesehatan kerja.

 

Kata kunci: perancah, keselamatan, kesehatan, kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.