ANALISIS KEPUASAN PENGHUNI PERUMAHAN BUKIT KAWANUA GOLF RESIDENCE

Tigri Cicilia Runtuwarow, Ariestides K. T. Dundu, Cindy J. Supit

Abstract


Permintaan akan perumahan meningkat setiap tahun sehingga membuka peluang bagi pelaku usaha dibidang konstruksi dan perumahan. Dengan hadirnya banyak pengembang perumahan (developer), maka terjadi persaingan dalam berbagai aspek, disisi lain masyarakat semakin sadar akan pentingnya kwalitas hunian sebagai tempat tinggal dan untuk melangsungkan berbagai kegiatan sehari-hari, dan menuntut jaminan akan hunian yang sehat, aman, nyaman serta ketersediaan fasilitas yang memadai dengan layanan yang optimal. Dalam upaya pemenuhan terhadap kebutuhan dan keinginan user maka developer perlu menganalisis kepuasan penghuni Bukit Kawanua Golf Residence.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling penting guna mencapai kepuasan penghuni perumahan, menganalisis tingkat kepuasan penghuni perumahan Bukit Kawanua Golf Residence, penentuan atribut yang menjadi prioritas perbaikan guna meningkatkan kepuasan penghuni perumahan sehingga dapat memberikan rekomendasi peningkatan kepuasan penghuni perumahan.

Penelitian dilakukan dengan survey melalui penyebaran kuesioner kepada 48 responden secara acak. Setelah itu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner, lalu dilanjutkan dengan analisis data dengan metode Importance Analysis (IPA), Costomer Satisfaction Index (CSI) dan Chi Square.

Hasil analisis dengan metode IPA memperlihatkan atribut-atribut yang telah memuaskan penghuni, perlu mendapat prioritas perbaikan, berprioritas rendah dan berlebihan. Ada 4 atribut yang penting bagi penghuni perumahan dengan lama tinggal diatas lima tahun 5 tahun namun pelaksanaannya belum memuaskan yaitu (1) Atap dan Plafon; (2) Dinding; (3) Kebersihan dan (4) Ketepatan waktu serah terima. Sedangkan untuk penghuni dengan lama tinggal dibawah 5 tahun Ada 4 atribut yang penting bagi penghuni perumahan yang pelaksanaannya belum memuaskan yaitu (1) Kebersihan (2) Ketepatan waktu serah terima, sehingga perlu diperhatikan oleh pengembang/developer. Sedangkan atribut yang lain dinilai sudah memuaskan bagi penghuni perumahan Bukit kawanua golf residence, Berdasarkan hasil analisis dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI), diperoleh nilai CSI sebesar 82,83%. Nilai tersebut berada pada rentang nilai CSI antara 0,80-1 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum penghuni telah merasa sangat puas terhadap kualitas perumahan Bukit Kawanua Golf Residence.

 

Kata kunci: Kepuasan penghuni, atribut, Importance Performance Analysis, Costumer Satisfaction Index


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.