ANALISIS KINERJA LALU LINTAS TERHADAP PENGOPERASIAN ANGKUTAN UMUM DI RUAS JALAN SANTIAGO

Artika Tanti Br Sembiring, Tendly Maki, Jeffrey Delarue

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh angkutan penumpang umum terhadap kinerja lalu lintas dan untuk mengetahui bagaimana kinerja angkutan umum di jalan Santiago. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode survei secara langsung di lokasi penelitian, berdasarkan hasil analisis di dapat nilai rata-rata Headway untuk rute 45-sumompo adalah sebesar 3,7 menit untuk rute sumompo-45 sebesar 6,4 menit, dengan nilai Loadfactor di waktu pulang sebesar 27,22% dan waktu berangkat sebesar 30,55% yang seharusnya sebesar 70%. Jika di lihat dari derajat kejenuhan nya pada waktu puncak di sore hari sebesar 0,45 skr/jam dengan kecepatan waktu tempuh nya yang sebesar 22,25 km/jam pada kondisi puncaknya maka jika tingkat pelayanan jalannya berada pada nilai E atau arus tak stabil, berhenti dengan tundan yang tak bisa ditolerir jika dilihat dari waktu tempuhnya. Hal tersebut di karenakan banyaknyaa kendaraan yang berhenti dan menggunakan bahu jalan untuk parkir, juga ada banyaknya angkutan umum yang menjadikan sisi jalan untuk jadi terminal bayangan. Solusi yang bisa dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengurangan armada angkutan umum yang dimana Loadfactornya kurang dari 70% dan juga di berlakukannya peraturan dilarang berhenti dan parkir yang ketat di wilayah jalan santiago dari setiap pihak yang bersangkutan.

Kata Kunci: Waktu Antara, Derajat Kejenuhan, Load factor, Waktu Tempuh.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.