PENGARUH FREKUENSI OPERASI TERHADAP RESPONS DINAMIS TIANG PANCANG BETON KELOMPOK AKIBAT GETARAN VERTIKAL MESIN

Sjachrul Balamba

Abstract


Pondasi mesin merupakan elemen struktur yang digunakan untuk meneruskan beban dari mesin di atas pondasi ke dalam tanah. Perencanaan pondasi mesin lebih kompleks daripada pondasi yang
hanya menerima beban statis. Selain perlu memperhitungkan gaya statis yang berasal dari berat mesin dan berat pondasi, perencanaan pondasi mesin juga harus memperhitungkan gaya dinamis yang dihasilkan oleh mesin. Dua hal yang sangat penting dalam perencanaan pondasi mesin yaitu masalah tanah pendukung dan frekuensi getaran. Parameter tanah yang dibutuhkan antara lain adalah modulus geser tanah dinamis, redaman tanah dan angka poison. Sedangkan getaran mesin yang sangat menentukan adalah frekuensi getaran.
Pada penelitian ini dianalisis pengaruh frekuensi getaran terhadap respons dinamik pondasi tiang pancang beton kelompok akibat getaran vertikal.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada hubungan antara a0 dengan Kc(gr) terlihat bahwa terdapat pengaruh dari penambahan faktor frekuensi non dimensi (a0) pada koefisen konstanta pegas Kc(gr) pada getaran vertikal. Semakin besar (a0) akan menyebabkan bertambah besarnya koefisen konstanta pegas. Pada hubungan antara a0 dengan damping ratio bahwa terdapat pengaruh dari penambahan faktor frekuensi nondimensi (a0). Semakin besar nilai a0 akan semakin besar ratio redaman. Semakin besar nilai a0 semakin kecil amplitudo getaran. Amplitudo getaran akan menjadi besar akibat bertambahnya beban.
Kata kunci: pondasi tiang pancang beton, frekuensi getaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.