ULASAN MENGENAI RUAS JALAN PENGHUBUNG ANTARA PUSAT KEGIATAN NASIONAL (PKN) KOTA MANADO DAN PUSAT KEGIATAN WILAYAH (PKW) KOTA TOMOHON

Theo Kurniawan Sendow, F. E. J. Wenur, Jeffrey Moningkey

Abstract


Pengembangan sistem jaringan jalan primer dalam peranannya sebagai unsur penunjang diarahkan untuk ditingkatkan kemampuan dan daya dukungnya sesuai dengan beban lalu lintas terutama yang melayani dan menghubungkan pusat kegiatan nasional, pusat kegiatan wilayah serta kawasan-kawasan yang cepat berkembang. Ruas jalan Manado – Tomohon termasuk dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan Antara Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Kota Manado dan Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Kota Tomohon.
Putusnya lintasan utama Manado – Tomohon membawa dampak yang signifikan terhadap Provinsi Sulawesi Utara, aksesbilitas antara kota Manado dan kota Tomohon menjadi berkurang, beban lalu lintas yang melayani Manado-Tomohon beralih ke lintasan lainnya seperti lintasan Manado – Tanawangko – Lemoh – Lolah – Taratara, lintasan Manado – Airmadidi –Tanggari – Tondano – Tomohon dan lintasan Manado – Lota – Kali – Kinilow.
Pada ulasan ini akan dibahas mengenai aksesbilitas lintasan melalui dua lintasan yaitu a). lintasan Manado – Tanawangko – Lemoh – Lolah – Taratara b). lintasan Manado – Lota – Kali – Kinilow.
Kata kunci: aksesbilitas, sistem jaringan jalan, pusat kegiatan, ruas jalan Manado-Tomohon, lintasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.