FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERTARIKAN PADA ORGANISASI DAN INTENSI UNTUK MENDAPATKAN PEKERJAAN: JENIS KELAMIN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Nayunda Andhika Andhika

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh upah, kesempatan promosi, kebijakan PHK, dan kebijakan lingkungan terhadap ketertarikan pada organisasi dan intensi untuk mendapatkan pekerjaan. Penelitian ini juga ingin membuktikan bahwa kondisi dimana calon karyawan potensial merasa tertarik pada organisasi dan kondisi dimana calon karyawan potensial memiliki keinginan untuk bekerja di suatu organisasi merupakan dua hal yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, faktor yang mempengaruhi ketertarikan pada organisasi berbeda dengan faktor yang mempengaruhi intensi untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan responden mahasiswa tingkat akhir dan metode pengumpulan data policy-capturing, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan lingkungan yang dimiliki organisasi merupakan faktor terkuat yang dapat memprediksi ketertarikan calon karyawan potensial terhadap organisasi tersebut, sedangkan tingkat upah yang ditawarkan organisasi menjadi faktor yang paling kuat dalam mempengaruhi keinginan untuk mendapatkan pekerjaan di suatu organisasi.

Kata Kunci :  :    ketertarikan pada organisasi, intensi untuk mendapatkan pekerjaan, upah, kesempatan promosi, kebijakan PHK, kebijakan lingkungan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i1.19150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.