ANALISIS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL ONLINE MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UK.MARANATHA

Kezia Kurniawati Nursalin, Rully Arland Tjahyadi, Allen Kristiawan, Dewi Wisanty

Abstract


Abstract

Generasi Z adalah generasi yang lahir di tengah era penggunaan komputer, internet dan smartphones, serta berkarakteristik sebagai pengguna teknologi digital dan media sosial dengan intensitas tinggi. Generasi ini memiliki pemikiran yang terbuka dan spontan dalam mengungkapkan apa yang dirasa dan dipikirkan. Perilaku belanja generasi Z pun berbeda dengan generasi sebelumnya, yakni generasi Z betul-betul memanfaatkan smartphone/gadget untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan. Media sosial seperti facebook, instagram atau twitter cenderung menjadi sarana untuk mendapatkan informasi dan menemukan produk atau jasa yang dicari generasi Z. Penelitian studi empiris ini membahas analisis penggunaan jejaring sosial online terhadap 161 responden mahasiswa prodi Manajemen Universitas Kristen Maranatha yang dilakukan secara deskriptif naratif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha yang merupakan bagian dari generasi Z, merupakan kelompok individu yang aktif menggunakan akun jejaring social online, mereka dapat membagikan informasi/ pengalaman mereka membeli produk/jasa serta mempengaruhi individu lainnya. Karakteristik ini dapat merepresentasikan penggunaan jejaring sosial online yang paling banyak digunakan oleh para mahasiswa sehingga Prodi Manajemen Universitas Kristen Maranatha dapat menggunakan jejaring sosial online tersebut sebagai sarana dalam menyampaikan informasi dan kegiatan kegiatan baik akademik maupun non akademik di lingkungan Universitas Kristen Maranatha.

Keywords: Generasi Z, Jejaring Sosial Online.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Assimakopoulos, C., Antoniadis, I., Kayas, O., & Nikolic, D. (2017). Effective social media marketing strategy: Facebook as an opportunity for universities. International Journal of Retail & Distribution Management.

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, S. A., Reagan, H. P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dolot, A. (2018). The Characteristics of Generation Z. e-mentor.

Edosomwan, S., Prakasan, S. K., Kouame, D., Watson, J., & Seymour, T. (2011). The History of Social Media and its Impact on Business. Management, 16(3), 79–91.

John, D. (n.d.). Karakter Generasi Z Menurut Beberapa Cendekiawan. Retrieved from SILABUS.we.id : https://www.silabus.web.id/karakter-generasi-z/

Kaplan, A., & Michael, H. (2010). Users of the world, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. In Business Horizons (pp. 59-68).

Koba, A. L. (2013). Tipologi Konsumen Pembeli Toko Diskon di Yogyakarta (Studi Pada Konsumen Carrefour Plaza Ambarukmo Yogyakarta).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Peter, J., & Olson, J. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9, Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Putri, N., & Rahadi, R. A. (2017). A Conceptual Study on The Use of Electronic Payment Instruments Among Generation Z in Bandung City. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship Vol. 3 No. 9, 32-40.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspectif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Teknologi Vol. 06, 01-106.

Rosalina, S., & Subagio, H. (2016). Analisa Pengaruh Product Image Terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Intervening pada Blesscon PT. Superior Prima Sukses. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 1, 1-11.

Rudyanto. (2018). Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial dan Keterkaitan Konsumen Terhadap Niat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 11, 177-200.

Saputri, R. F. (2015). Dimensi Nilai Terhadap Kepuasan Konsumen Pria Pengguna Sepeda Motor Matic Honda di Bandar Lampung (Studi Pada Mahasiswa pada Universitas Lampung.

Sora. (2015, Maret 2). Pengertian Perilaku Konsumen dan Mneurut Para Ahli Lengkap. Retrieved from Pengertianku.net: http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-perilaku-konsumen-dan-menurut-para-ahli-lengkap.html

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D. A. (2014, Oktober 20). Perbedaan sosial media dan jejaring sosial. Retrieved from Merdeka.com: https://m.merdeka.com/teknologi/perbedaan-sosial-media-dan-jejaring-sosial.html

Wijoyo, A. (2014). Pengaruh Variable Marketing Mix terhadap Customer Loyalty Honda-Ramayana Basuki Rachmad Surabaya dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1,1-13.

Zakir, F. (2016, Oktober 27). Mengenal Generasi Z. Retrieved from Kompasiana Beyond Blogging: https://www.kompasiana.com/firasz/581117bdcd9273e62b3c887a/mengenal-generasi-z




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.40993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.