ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK EMINA PADA KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Farida Hanum, Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract


Abstract. This study aims to determine and analyze product quality, brand image and price on purchasing decisions for Emina cosmetics among students at the State Islamic University of North Sumatra.  This research approach uses quantitative research.  The data used in this study are primary data obtained from questionnaires.  The sample of this research is students majoring in Management Class of 2018 at the Faculty of Economics and Islamic Business, State Islamic University of North Sumatra, totaling 100 respondents.  The analysis technique uses multiple linear regression analysis.  The results of the study simultaneously show that product quality, brand image and price have a positive and significant effect on purchasing decisions.  The results partially show that product quality has a significant effect on purchasing decisions, brand image has a significant effect on purchasing decisions and price has a significant effect on purchasing decisions.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik emina pada kalangan Mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa-mahasiswi jurusan Manajemen Angkatan 2018 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854

Al Hawasyi, M. M. H., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Employee Engagement Dan Quality of Work Life. Jurnal Riset Manajemen, 1–10.

Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2021). Jurnal ilmiah manajemen bisnis dan inovasi universitas sam ratulangi (jmbi unsrat) manajemen strategi untuk meningkatkan penjualan. 8(1), 32–49. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/32638

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id.

Deddy Rahmat, i. (2021). Menguji Strategi Desa Wisata dalam Membangun Keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31674

E, T. L. . W. B. . & S. (2022). Pengaruh Harga, Daya Tarik Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Emina (Studi Mahasiswi Manajemen Universitas. Riset.Unisma.Ac.Id.

Fernanda Risma. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Dukungan Selebriti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makeup Emina Pada Mahasiswi. Scholar.Archive.Org.

H., P. P. (2018). Perancangan Media Promosi Waroeng Makan Kalkoen Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Recognition.

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Ekonomi Bisnis, 17(1), 1–12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/86/49

Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Pixy. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, VIII(2), 1–10.

Kapahang, N. F., R.E.Tampi, J., & Rogahang, J. J. (2016). Pengaaruh Kualitas Produk & Harga Terhadap Keputusan Membeli ( Studi Pada Konsumen Dodol Salak Pproduksi Desa Pangu ) Nela Favianury Kapahang Jurnal Administrasi Bisnis 2016. Jurnal Administrasi Bisnis 2016, 1, 198.

Khairullah, K., Soedijono, B., & Al Fatta, H. (2017). Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Inventaris Aset. Jurnal Informasi Interaktif, 2(2), 84–92.

Lucia, R., Kawatak, S., & Ogi, I. (2022). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PROMOSI KOPI REDO DI INSTAGRAM. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.37188

Mardiana, N. R. (2019). ANALISA PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK EMINA (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta). Penjualan Emina Capai Rp 4,5 Miliar di e-Commerce - Compas - Penelusuran Google. (n.d.).

Pratiwi, N. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Ud. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. UNEJ E-Proceeding, 463–482.

Rahmawati, A., Sugandini, D., & Istanto, Y. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Attitude Loyalty Dan Behavioral Loyalty Yang Dimediasi Oleh Emotional Experience Pada Pengguna Mobile Application Shopee (Studi Kasus Di Yogyakarta). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36740

Ramli, K., Tambani, G. O., & Kotambunan, O. V. (2020). Kontribusi Perempuan Terhadap Pendapatan Keluarga Di Desa Pentadu Timur Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Akulturasi, 8(2), 164–168. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/akulturasi

Supangkat, A. H., & Supriyatin, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.

Tiana, L. dkk. (2018). Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Emina (Studi Mahasiswi Manajemen Universitas Islam Malang Angkatan 2018). Riset.Unisma.Ac.Id.

W., H. T. (2019). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.43668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.