Pelatihan Pemasaran Berbasis Sosial Media Pada Petani Gula Aren Desa Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara
Abstract
Palm Sugar Farmers in Pinaras Village desire to increase their production but still do not understand how to market their products. Therefore, the PKM team conducted social media-based marketing management training for palm sugar farmers in Pinaras Village. This PKM activity aims to provide knowledge and understanding of marketing management and product marketing through social media. The implementation method used is learning with a counselling and discussion approach. The result of this activity is an increase in the ability in marketing management of their product, namely palm sugar, and being able to create marketing accounts on social media.
Keywords: marketing management, training, social media
Abstrak
Petani Gula Aren Desa Pinaras memiliki keinginan meningkatkan produksi mereka, akan tetapi masih kurang memahami cara memasarkan produk. Oleh karena itu tim PKM melakukan pelatihan manajemen pemasaran berbasis sosial media kepada petani gula aren Desa Pinaras. Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen pemasaran dan pemasaran produk melalui sosial media. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pembelajaran dengan pendekatan penyuluhan dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan dalam manajemen pemasaran dari produk mereka yaitu gula aren juga mampu membuat akun pemasaran di media sosial.
Kata kunci: manajemen pemasaran, pelatihan, sosial media
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, I., Roesmaningsih, M.V., dan Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Nonformal, Vol. 16, No.1.
Aryani., Lina., Triwardhani., Diana., dan Deswintari. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Pemasaran bagi Pelaku UMKM dan Masyarakat di Kelurahan Pangkalan Jati, Kota Depok. Indonesian Journal
of Economic Community Development, Vol.1, No.1.
Augustina, F., dan Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialetika, Volume 4, No.2.
Bayu, D.J. (2021). “Masyarakat Indonesia paling banyak akses YouTube pada Semester I 2021”. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/05/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-youtubepada-semester-i-2021. Diakses pada 15 September 2021.
Carolin, S. (2021). “Perjuangan Membangkitkan UMKM local dikala Pandemi”. https://drpm.umsida.ac.id/perjuangan-membangkitkan-umkm-lokal-dikala-pandemi/. Diakses 15 september 2021.
Handoko, T.L. (2020). Membangkitkan UMKM di masa Pandemi dengan inovasi dan teknologi. http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212. Diakses 16 September 2021
Kotler dan Keller (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice Hall.
Medcom.id. (2021). UMKM Bangkit Indonesia kian naik. https://www.medcom.id/foto/grafis/5b2mEY6N-umkm-bangkit-ekonomi-indonesia-kian-naik. Diakses 16 September 2021.
Rizal, A. (2021). “Rata-rata orang Indonesia habiskan 3 Jam untuk main media sosial. https://infokomputer.grid.id/read/122572616/rata-rata-orang-indonesia-habiskan-3-jam-untuk-main-media-sosial. Diakses pada 15 september 2021.
Sutjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid 19. Yogyakarta, K-Media.
Utami, S.N. (2021). UMKM: Pengertian, tujuan, Karakteristik, jenis dan contohnya. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/100000869/umkm--pengertian-tujuan-karanteristik-jenis-dan-contohnya. Diakses 16 September 2021.
DOI: https://doi.org/10.35801/tsss.2021.3.2.36053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All articles published by The Studies of Social Sciences is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.