ANALISIS HAMBATAN BISNIS ONLINE BAGI MAHASISWA UNSRAT

Authors

  • Gabriel F. Tharob
  • Elfie Mingkid
  • Ridwan Paputungan

Abstract

Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada bagaimana analisis hambatan bisnis online bagi mahasiswa Unsrat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Informan yang ditetapkan adalah 5 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur secara langsung.hasil penelitian yang ditemukan adalah masalah keterlambatan pengiriman dari supplyer. Solusi : Pembeli menyatakan estimasi waktu pengiriman serta kemungkinan keterlambatan pengiriman.. Masalah barang tidak sesuai ekspektasi pembeli. Solusi: Foto promosi suatu produk, khususnya produk busana, lebih baik untuk menggunakan model sebagai foto promosi, karena lebih realistis dibandingkan foto promosi yang tidak menggunakan model. Masalah pengiriman tidak sesuai dengan alamat pembeli. Solusi: Jika seseorang ingin membeli suatu barang secara online, hendaknya ia mempelajari alamat lengkap tujuan pengiriman terlebih dahulu, untuk menghindari kesalahan pengiriman oleh pembeli. Masalah penipuan/barang tidak dikirim. Solusi: Mempelajari kinerja penjual online melalui respon-respon pelanggan yang biasanya tertera di halaman promosi penjual online.Ini juga dapat digunakan oleh penjual bisnis online, untuk menyediakan tempat bagi para pembeli untuk memberi respon yang dapat dibaca secara umum. Karena dengan respon-respon pembeli yang baik, dapat meningkatkan reputasi penjual online hingga lebih terpercaya. Yang menjadi saran atau masukan dalam penelitian ini adalah : penelitian ini masih perlu dilakukan pengembangan, oleh karena itu untuk penelitian mendatang terhadap e-commerce perlu dikaji lebih lanjut mengenai analisis hambatan bisnis online.kemudian untuk masyarakat, Khususnya Mahasiswa, dapat mengkaji hasil penelitian ini sebagai pembelajaran sebelum melakukan bisnis online, baik itu sebagai penjual, reseller, maupun pembeli.
Kata Kunci : Analisis, Hambatan, Bisnis Online,

Downloads

Published

2017-06-20

How to Cite

Tharob, G. F., Mingkid, E., & Paputungan, R. (2017). ANALISIS HAMBATAN BISNIS ONLINE BAGI MAHASISWA UNSRAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/16198

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>