PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PUSTAKAWAB DAN PEGAWAI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA TIDORE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pustakawan dan pegawai di Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kota Tidore. Pemimpin adalah seseorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu memengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Kualitas dari pemimpin seringkali dianggap sebagai faktor penting dalam keberhasilan atau gagalnya sebuah organisasi. pemimpin memegang peran penting dalam mengimplementasikan strategi organisasi. Hal ini membawa dampak bahwa setiap pemimpin berkewajiban dalam melakukan pembinaan yang sungguh-sungguh terhadap bawahannya sehingga dapat menimbulkan kepuasan dan komitmen organisasi dalam bekerja yang dapat meningkatkan kinerja yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan ada 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pustakawan dan pegawai sangat berperan penting, seperti fokus penelitian yaitu : 1. Daya mempengaruhi : daya mempengaruhi pemimpin dengan memperlihatkan sikap disiplin yang selalu dilakukan setiap hari akhirnya menimbulkan simpati oleh bawahannya, sehingga pegawai yang bekerja diperpustakaan sudah mulai terpengaruh dengan sikap disiplin pemimpin, sikap disiplin merupakan poin utama untuk meningkatkan kinerja, 2. Mencari solusi : pemimpin selalu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada, dan 3. Bijaksana : pemimpin selalu bersikap bijaksana, baik itu dalam pengambilan keputusan maupun pembagian kerja.
Kata Kunci : Peran pemimpin, Kinerja, Pustakawan, Pegawai