STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK PEMBELI SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX

Authors

  • Sean Reinhard Israel Assa
  • Mariam - Sondakh
  • Lingkan - Tulung

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah penurunan penjualan sepeda motor Yamaha usai terjadinya pandemi di tahun 2020 lalu. Hal ini yang menuntut pelaku pasar untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang baik menjadi alasan penting penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di dealer Yamaha Kota Manado. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana data yang dikumpulkan berupa gambar dan kata-kata, bukan angka. Untuk mendapatkan datanya akan dilakukan interview atau wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada 4 orang yang didasarkan pada pertimbangan jabatan atau kedudukan, kompetisi dan penguasaan masalah yang relevan dengan objek penelitian. Oleh karena itu strategi komunikasi pemasaran melalui periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung dalam menarik pembeli sepeda motor Yamaha N-Max di Kota Manado. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung sama sama efektif dalam mendorog pembeli sepeda motor Yamaha N-Max pada dealer motor Yamaha di Kota Manado.  Selain itu melalui iklan di televisi dengan menggunakan endorser Valentino Rossi memudahkan merek dikenali konsumen agar lebih tertarik daalam pembelian.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Konsumen

 

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Assa, S. R. I., Sondakh, M. .-., & Tulung, L. .-. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK PEMBELI SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/42860

Most read articles by the same author(s)

> >>