PENGARUH KREDIBILITAS MENTOR SEBAGAI KOMUNIKATOR KAMPUS MERDEKA TERHADAP MINAT EKSPOR MAHASISWA (Studi pada Yayasan Sekolah Ekspor Nasional)

Authors

  • Gladys Thalia Rompas
  • Reiner Richard Onsu
  • Leviane Jackelin Hera Lotulung

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kredibilitas Mentor Sebagai Komunikator Kampus Merdeka terhadap Minat Ekspor Mahasiswa yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kredibilitas Mentor Kampus Merdeka terhadap Minat Ekspor Mahasiswa berdasarkan 7 Indikator Kredibilitas Mentor menurut berbagai ahli dalam buku Jalaludin Rakhmat, dan 4 Indikator Minat Mahasiswa menurut Safari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 777 mahasiswa peserta Studi Independen Bersertifikat di Yayasan Sekolah Ekspor Nasional dengan sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan dengan rumus slovin. Data menggunakan analisis deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup kuat sebesar 0,898 antara pengaruh kredibilitas mentor terhadap minat ekspor mahasiswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil koefisien korelasi Pearson Product-Moment antara variabel kredibilitas mentor dan variabel minat ekspor mahasiswa. Hasilnya didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kriteria penolakan H0 adalah jika nilai signifikan < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dai 0,05. Maka dapat disimpulakn kredibilitas mentor berpengaruh terhadap minat ekspor mahasiswa peserta studi independen di Yayasan Sekolah Ekspor Nasional.

 

Kata kunci: Kredibilitas Mentor,Komunikator, Minat Mahasiswa

 

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Rompas, G. T., Onsu, R. R., & Lotulung, L. J. H. (2022). PENGARUH KREDIBILITAS MENTOR SEBAGAI KOMUNIKATOR KAMPUS MERDEKA TERHADAP MINAT EKSPOR MAHASISWA (Studi pada Yayasan Sekolah Ekspor Nasional). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/43050

Most read articles by the same author(s)

> >>