PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI IBU-IBU DI KECAMATAN KAKAS KABUPATEN MINAHASA
Abstract
ABSTRAK
Pada masa pademi covid 19 ini banyak ibu-ibu yang harus melakukan aktivitas dari rumah karena adanya PPKM dan PSBB. Aktivitas dari rumah menyebabkan ibu-ibu banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan media sosial facebook. Lubis, Evawani Elyaa, dalam Jurnal Potret Media Sosial dan Perempuan Tahun 2014 menyatakan bahwa facebook menjadi media sosial yang paling disukai oleh pengguna media sosial. Dan 56% pengguna facebook adalah perempuan. Permasalahannya banyak perempuan dalam hal ini ibu-ibu memanfaatkan media sosial facebook hanya untuk mendapatkan hiburan, informasi dan hubungan sosial dengan banyak orang. Menghabiskan waktu berjam-jam dan pengeluaran bertambah karena harus mengeluarkan uang untuk membeli pulsa.    Dengan Edukasi berjualan online melalui facebook pada ibu-ibu di Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa  akan memberi informasi dan ketrampilan agar ibu-ibu memanfaatkan facebook juga sebagai media komunikasi pemasaran dalam berjualan baju, makanan, dll yang berdampak positif dan bernilai ekonomis bagi ibu-ibu dan  bagi rumah tangga. Metode  pelaksanaan kegiatan dengan melakukan wawancara, diskusi, edukasi dan pelatihan pada kelompok ibu-ibu di Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa  dalam bentuk wawancara, ceramah, Tanya jawab, praktek dan pendampingan dengan turut juga melibatkan mahasiswa semester akhir Program Studi Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat. Adapun target dan luaran : Para ibu-ibu mendapatkan pengetahuan tentang pemanfaatan Facebook sebagai media komunikasi pemasaran. Sedangan luaran berupa publikasi di jurnal nasional ber-ISSN dan media online.
Â
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Ibu-Ibu, Pademi Covid 19