PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENCEGAH PERILAKU MEROKOK BAGI REMAJA DI KELURAHAN WINANGUN KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO

Authors

  • Marista Elisabeth Bala
  • Johny Senduk
  • Anthonius Boham

Abstract

The background of this research problem is the phenomenon of smoking among adolescents are high enough to make researchers interested in studying.
In this study defined each of understanding Role in Preventing Family Communication for Adolescent Smoking Behavior. As for the supporting theories applied that Theory of Interpersonal Communication and Stimulus Response Theory.
The research methodology is descriptive method with a single variable. The population is 1149 with a sample of 20 respondents. Data collection techniques drawn consist of primary data and secondary data using descriptive statistical data analysis techniques.
The results showed that the role of family communication is very important in preventing smoking behavior for adolescents. Communication is able to build a harmonious relationship between parents and children, making it easier for parents to influence and deliver all the advice, guidance, motivation and expectations of families included in preventing smoking behavior is not good for children.
Keywords: family, communication, smoking, adolescents

Abstrak
Yang menjadi latar belakang masalah pada penelitian ini adalah fenomena merokok pada remaja yang cukup tinggi membuat peneliti tertarik untuk meneliti.
Dalam penelitian ini didefinisikan masing-masing dari pengertian Peran Komunikasi Keluarga dalam Mencegah Perilaku Merokok bagi Remaja. Adapun teori-teori pendukung yang digunakan yaitu Teori Komunikasi AntarPribadi dan Teori Stimulus Respon.
Metodologi penelitian yang diambil adalah metode deskriptif dengan variabel tunggal yang digunakan. Populasinya 1149 dengan sampel 20 responden. Teknik pengumpulan data yang diambil terdiri dari data primer dan data sekunder dengan memakai teknik analisis data statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komunikasi keluarga sangat penting dalam mencegah perilaku merokok bagi remaja. Komunikasi mampu membangun hubungan yang harmonis antar orangtua dan anak, sehingga memudahkan orangtua dalam mempengaruhi dan menyampaikan segala nasehat, bimbingan, motivasi serta harapan keluarga termasuk dalam mencegah perilaku merokok yang tidak baik bagi anak.
Kata kunci: keluarga, komunikasi, merokok, remaja.

Downloads

How to Cite

Bala, M. E., Senduk, J., & Boham, A. (2015). PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENCEGAH PERILAKU MEROKOK BAGI REMAJA DI KELURAHAN WINANGUN KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7498

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)