ANALISIS ISI BERITA KONTROVERSI BASUKI TJAHAJA PURNAMA DALAM KONTEKS PENGANGKATAN GUBERNUR DKI JAKARTA PADA SURAT KABAR TRIBUN MANADO

Authors

  • Almaidah Nur Intan Almunaware
  • Philep Morse Regar
  • Johny Senduk

Abstract

Yang menjadi latar belakang masalah pada penelitian ini adalah Isi berita kontroversi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam pengangkatan beliau menjadi Gubernur DKI Jakarta pada surat kabar Tribun Manado.
Dalam penelitian ini menjelaskan bagaimana isi berita kontroversi dan bagaimana bentuk komunikasi didalamnya. Adapun teori-teori pendukung yang digunakan yaitu Teori Analisis Isi Holsti dan Teori Agenda Setting.
Metodologi penelitian yang diambil adalah metode deskriptif dengan variabel tunggal yang digunakan, yakni Isi Berita Kontroversi. Dengan memakai teknik analisis data statistik deskriptif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa pemberitaan kontroversi dari bulan September sampai pada bulan November 2014, tidak selalu memuat berita mengenai kontroversi tersebut. Setidaknya dilihat dari model pengagendaan dari rapat redaksi beita Tribun Manado.

Downloads

How to Cite

Almunaware, A. N. I., Regar, P. M., & Senduk, J. (2015). ANALISIS ISI BERITA KONTROVERSI BASUKI TJAHAJA PURNAMA DALAM KONTEKS PENGANGKATAN GUBERNUR DKI JAKARTA PADA SURAT KABAR TRIBUN MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7707

Issue

Section

Articles