Identifikasi Bauran Pemasaran Pada Usaha Salad Buah "Bellfood" Di Desa Wasian Kecamatan Kakas Barat
DOI:
https://doi.org/10.35791/agrirud.v7i1.60899Keywords:
Marketing mix, Price, Promotion, PlaceAbstract
This study aims to identify the marketing mix in the Fruit Salad Business “Bellfood” in Wasian Village, West Kakas District, Minahasa Regency. The research time was conducted for 3 months, namely from September to November 2023 from preparation to preparation of research reports. This research was conducted at Bellfood Fruit Salad which is located at Wasian Village, West Kakas District, Minahasa Regency. The data used in this research are primary data and secondary data. Primary data is obtained from direct observations and interviews with consumers, while secondary data is obtained from literature searches through books, literature, mass media, and writings related to the research topic. The results of the research on the Marketing Mix of the Bellfood Fruit Salad business in Wasian Village, West Kakas District, Minahasa Regency, that the Bellfood Fruit Salad business marketing mix of 4 variables and 11 indicators as benchmarks in this study product, price, promotion, place, which reached a total achievement of 989 and was classified as good.
References
Bali, A. Y. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1-14.
Buji, G. E., Alexandro, R., & Eriawaty, E. 2024. Pengaruh Segmentasi Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan: Studi Kasus di Toko Benang Bintik Lestari Indah Kota Palangka Raya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 16(1), 148-156.
Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. 2021. Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan), 17(2), 6-13.
Fahmi, M., Prayogi, M. A., & Jufrizen, J. 2018. Peran kepercayaan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas website terhadap loyalitas pelanggan online shop. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121-130.
Febriana, I., Hutasoit, E. R. P., Yazid, M. U., Fauziah, S., Sahira, S., & Kelauri, S. A. 2024. Strategi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15938-15944.
Firmansyah, D., & Prihandono, D. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120-128.
Hamizar, A. 2023. Komparasi efektivitas strategi pemasaran pedagang kaki lima pasar tradisional:(Studi kasus pedagang keliling dan pedagang tetap). Advantage: Journal of Management and Business, 1(2), 39-48.
Hurriyati, R. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen: Fokus pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Bandung: Alfabeta.
Jumawan, J., Soesanto, E., Cahya, F., Putri, C. A., Permatasari, S. A., Setyakinasti, S., & Ottay, M. L. 2024. Pengaruh Online Consumer Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2854-2862.
Kaligis, T. I., Mandey, S. L., & Roring, F. 2021. Evaluasi Strategi Bauran Pemasaran Pada Rumah Makan Box Weal Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1775-1785.
Nadeak, R., Mandei, J. R., & Rumagit, G. A. J. 2023. Strategi Pemasaran Usaha Bakso AT Surabaya Republic Foodcourt di Manado Town Square. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan), 5(3), 52-63.
Panggabean, Y. C., & Simanjuntak, M. 2024. Analisis Kuantitatif Pengaruh Elemen Sosial Serviscape Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kfc Balige. Jurnal Spektrum Ekonomi, 7(12).
Pioh, G. K., Jocom, S. G., & Laoh, O. E. H. 2024. Bauran Pemasaran Kacang Shanghai Jessivar Di Kelurahan Talikuran Barat Kecamatan Kawangkoan Utara Kabupaten Minahasa. Agri-sosioekonomi, 20(1), 307-316.
Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. 2022. Analisis lokasi usaha dalam meningkatkan keberhasilan bisnis pada grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289-304.
Putra, B. N. 2024. Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meingkatkan Kualitas Produk pada Conneight Studio Kota Malang. Transformasi: Journal Of Economics And Business Management, 3(3), 119-131.
Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1).
Sakulat, S., Benu, N. M., & Wariki, B. A. 2024. Persepsi Konsumen Terhadap Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4p) Pada Rumah Kopi Tanjung Batu Di Megamas Kota Manado. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan), 6(3), 161-170.
Simarmata, A., Jocom, S. G., & Kaunang, R. 2022. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7p) Pada Black Cup Coffee Roaster Di Kota Manado. Agri-sosioekonomi, 18(3), 699-708.
Santoso, R. P. 2023. Hubungan Dimensi Promosion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Makanan Coklat Tempe Khas Kediri Jawa Timur. BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 228-235.
Suwartane, I. G. A., Yuliani, N., Gustina, D., Basri, A., Nurzaman, F., Suwarno, M. A., & Purtiningrum, S. W. 2024. Efektivitas YouTube Sebagai Alat Pencarian Informasi Untuk Diversifikasi Produk Stroberi pada UMKM Desa Lebakmuncang Ciwidey. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 8(3), 149-162.
Timban, A. R. S., Mandei, J. R., & Jocom, S. G. 2024a. Identification Of Determinats Influencing Consumer Decision-Making For Local and Imported Fruits Purchases in Manado City. Agri-sosioekonomi, 20(1), 1-12.
Timban, A. R. S., Saili, A. R., Jocom, S. G., Mandei, J. R., & Merali, M. M. 2024b. Local Taste versus Global Flavors: A Qualitative Study of Consumer Perceptions on Domestic and Imported Fruit Products. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1426, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.
Tuwaidan, N. F., Mandei, J. R., & Kaunang, R. 2023. Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Pada Mdc Hydrofarm Di Kecamatan Malalayang Kota Manado. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan), 5(4), 29-38.
Winata, A., & Fiqri, I. A. 2017. Pengaruh harga dan kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan hotel emersia di bandar lampung. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(2), 133-148.
Wiratmuko, B., Masrokan, P., & Sujianto, A. E. 2023. Implementasi Competitive Strength, Competitive Area, Competitive Result dalam Peningkatan Daya Saing dan Pemasaran Jasa Pendidikan Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 247-266.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gracia Natasya Kalengkongan, Noortje Marsellanie Benu, Ellen Grace Tangkere

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.