ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DENGAN INTERVENSI LINTAS DIARE (LIMA LANGKAH TUNTASKAN DIARE) DI LINGKUNGAN 1 KELURAHAN BUHA
DOI:
https://doi.org/10.35790/mnsj.v2i2.55323Abstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Anak usia pra sekolah sangat membutuhkan status gizi yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan baik fisik, kecerdasan dan emosional. Pada anak usia pra sekolah berisiko mengalami masalah gizi, kehilangan napsu makan dan asupan nutrisi yang tidak terpenuhi yang membuat anak lebih mudah terserang penyakit terutama penyakit infeksi contohnya diare. Tujuan: Untuk memaparkan hasil praktik berupa asuhan keperawatan pada keluarga dengan tahap perkembangan anak usia pra sekolah. Metode: Studi kasus dimana penulis mengambil satu keluarga dengan tahap perkembangan keluarga dengan anak usia pra sekolah di lingkungan 1 Kelurahan Buha dengan menggunakan intervensi edukasi kesehatan tentang lima langkah tuntaskan diare, edukasi kesehatan tentang pentingnya gizi pada anak dan demonstrasi pembuatan larutan gula garam. Hasil: Setelah pemberian intervensi edukasi kesehatan tentang lima langkah tuntaskan diare keluarga sudah dapat memahami dan mengerti tentang penanganan saat terjadi diare pada anak, adanya peningkatan pengetahuan dimana sebelumnya keluarga belum pernah mendapatkan edukasi tentang pentingnya gizi pada anak dan keluarga sudah dapat mempraktekkan demonstrasi pembuatan larutan gula garam secara mandiri dirumah. Kesimpulan: Pemberian intervensi edukasi kesehatan tentang lima langkah tuntaskan diare, tentang pentingnya gizi pada anak dan demonstrasi pembuatan larutan gula garam bermanfaat karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan dari keluarga dalam rangka menjaga dan memanajemen kesehatan dari setiap anggota keluarga.
Kata Kunci : Keluarga, Anak Usia Pra Sekolah, Edukasi Kesehatan, Demonstrasi
ABSTRACT
Background: Preschool-age children urgently require nutritional status to support growth and development of physically, intelligently, and emotionally. Preschool-age children are at risk of experiencing nutritional problems, loss of appetite and inadequate nutritional intake which makes children more susceptible to disease especially infectious diseases such as diarrhea. Objectives:To explain the result of practice in the form of nursing care for families with the development stages of preschool-age children. Methods: a case study where the author took a family at a development stage in Buha using a health education intervention about five steps to resolve diarrhea, health education about the importance of nutrition for children, and a demonstration of making a sugar salt solutions. Result: After providing health education intervention regarding the five steps to resolve diarrhea, families are able to understand how to deal with diarrhea in children, there is an increase in knowledge where previously families had never received education about the importance of nutrition in children and after that families are able to practice demonstration of making sugar salt solutions in a practical way independently at home. Conclusion: Providing health education intervention about the five steps to resolve diarrhea, about the importance of nutrition for children, and demonstration of making sugar salt solutions are useful since it can increase knowledge and perception of families in order to maintain and manage the health of each family member.
Keywords: Family, Preschool-Age Children. Health Education, Demonstration
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Galatia Marline Victoria Rantung, Valen Fridolin Simak, Septriani Renteng, Hendro Jolli Bidjuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.