Self Care Management pada Pasien Penyakit Kronis dengan Pendekatan Edukasi di Ruang Hemodialisa Melati RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Authors

  • Veronica Mandias Universitas Sam Ratulangi
  • Gresty Natalia Maria Masi Universitas Sam Ratulangi
  • Alfonsius Ade Wirawan Universitas Sam Ratulangi
  • Dina Mariana Larira Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/mnsj.v2i2.55324

Abstract

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Penyakit kronis berpengaruh terhadap aspek fisik dan biopsikososial kehidupan individu dengan penyakit tersebut. Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit kronis, dimana terjadi kerusakan ginjal baik struktur dan atau fungsinya yang berlangsung selama 3 bulan atau lebih. Self care management merupakan suatu upaya untuk memberdayakan pasien berpartisipasi dalam perawatan kesehatan mereka untuk mencegah komplikasi, mengontrol tanda dan gejala yang dirasakan, mengikuti program pengobatan dan meminimalkan efek penyakit dalam kehidupan mereka. Peningkatan self care dapat dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada pasien. Tujuan: Untuk analisis self care management pasien penyakit kronis dengan pendekatan edukasi. Metode: Studi kasus, penulis mengambil 1 orang pasien Ny. E.W., dengan diagnosa medis Penyakit Ginjal Kronis dan Diabetes Mellitus di Ruang Hemodialisa Melati Prof DR. R. D. Kandou Manado dengan intervensi berupa edukasi menggunakan media booklet dan flipchart kalender yang didalamnya terdapat manajemen penyakit ginjal kronis dan diabetes mellitus untuk meningkatkan self care. Hasil: Setelah pemberian intervensi edukasi pasien dan keluarga dapat mengetahui tentang manajemen penyakit ginjal kronis dan diabetes mellitus, pasien dapat melaporkan pantauan balance cairan dan gula darah secara mandiri di rumah dalam 3 hari. Kesimpulan: Pemberian intervensi edukasi tentang manajemen penyakit ginjal kronis dan diabetes mellitus dapat meningkatkan self care bagi pasien dan keluarga dalam perawatan sehari-hari. 

Kata Kunci : Edukasi ; Penyakit Kronis ; Self Care.

 

ABSTRACT

 

Background: Chronic diseases affect the physical and biopsychosocial aspects of the lives of individuals with these diseases. Kidney failure is a chronic disease, where there is damage to the kidneys, both structure and/or function, that lasts for 3 months or more. Self-care management is an effort to empower patients to participate in their health care to prevent complications, control perceived signs and symptoms, follow treatment programs and minimize the effects of disease on their lives. Improving self-care can be done by providing education to patients. Objective: To analyze the self-care management of chronic disease patients with an educational approach. Method: Case study, the author took 1 patient Mrs. E.W., with a medical diagnosis of Chronic Kidney Disease and Diabetes Mellitus in the Melati Hemodialysis Room Prof DR. R. D. Kandou Manado with intervention in the form of education using booklet and calendar flipchart media which includes management of chronic kidney disease and diabetes mellitus to improve self-care. Results: After providing educational interventions, patients and families can learn about the management of chronic kidney disease and diabetes mellitus, patients can report monitoring fluid balance and blood sugar independently at home within 3 days. Conclusion: Providing educational interventions regarding the management of chronic kidney disease and diabetes mellitus can improve self-care for patients and families in daily care.

Keywords: Education; Chronic Diseases; Self-Care

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Mandias, V., Masi, G. N. M., Wirawan, A. A., & Larira, D. M. (2024). Self Care Management pada Pasien Penyakit Kronis dengan Pendekatan Edukasi di Ruang Hemodialisa Melati RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Mapalus Nursing Science Journal, 2(2), 48–55. https://doi.org/10.35790/mnsj.v2i2.55324