TAMAN BERMAIN DAN BELAJAR ANAK–ANAK DI MANADO (Language of Space Sebagai Pendekatan Desain)
DOI:
https://doi.org/10.35793/daseng.v4i2.10722Abstract
ABSTRAK
Masa anak-anak adalah masa dalam proses tumbuh kembang. Pada usia ini segala aspek perkembangan anak mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan keterampilannya yang masih terbatas, anak-anak melakukan aktifitas bermain untuk mendapatkan informasi tentang dunia sekitarnya. Sehingga dapat dikatakan bermain bagi anak-anak merupakan atau menmungkinkan iklim belajar yang paling optimal bagi anak-anak. Kota Manado dengan jumlah penduduk anak yang cukup tinggi dihadapkan pada permasalahan yang umum terjadi yaitu sarana dan prasarana dan prasarana yang ada belum memenuhi kebutuhan untuk menunjang perkembangan anak-anak. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu diadakan suatu wadah untuk menunjang pertkembangan anak-anak yaitu dengan Taman Bermain dan Belajar Anak-anak.
Taman bermain dan belajar anak-anak dengan menggunakan tema Language of Space sebagai pendekatan desain, objek ini diharapkan mampu menyampaikan atau memberi kesan sebagai tempat untuk bermain dan belajar, serta fungsinya untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Taman bermain dan belajar anak-anak di Manado ini adalah wadah atau suatu fasilitas untuk menampung kegiatan anak-anak dengan memakai pendekatan desain Language Of Space. Sesuai dengan peruntukkannya maka objek terletak di Kecamatan Malalayang dengan dalam hal ini menggunakan metode deskriptif yang melalui berbagai tahapan, yaitu pengumpulan data, analisa data, transformasi konsep. Dengan adanya Taman Bermain dan Belajar ini diharapkan mampu mewadahi kebutuhan akan tumbuh kembang anak.
Kata kunci : Anak-anak, Taman, Bermain, Belajar, Language of space