REDESAIN KANTOR BUPATI MINAHASA (REFLEKSI BUDAYA SUB-ETNIS TOULOUR DALAM RANCANGAN ARSITEKTUR)

Authors

  • Alfrets Singkoh
  • Rieneke L. E. Sela

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i2.1978

Abstract

ABSTRAK

 

Kabupaten Minahasa merupakan sebuah daerah otonom yang memiliki struktur Pemerintahan yang berfungsi untuk mengatur berbagai aspek dan bidang demi kelangsungan hidup di Tanah Minahasa. Sistem Pemerintah Daerah Kabupaten merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan, maka diperlukan peningkatan kebutuhan sarana dan prasarana perkantoran sesuai dengan standart daerah otonom. Pada kenyataan sekarang ini, melalui metode observasi dan wawancara Kantor Bupati yang ada di Minahasa mengalami penurunan mutu dan kualitas serta terdapat beberapa masalah yang terjadi pada kondisi lapangan kawasan sekitar. Berdasarkan kenyataan ini, diperlukan sebuah gagasan Redesain untuk menata dan merancang kembali Kantor Bupati Minahasa. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan terciptanya Kantor Bupati Minahasa yang terdesain dengan baik.

Kabupaten Minahasa merupakan sebuah wilayah yang besar dan sangat luas serta terdapat 9 sub-etnis suku asli orang Minahasa. Sekarang ini banyak terjadinya pemekaran-pemekaran di Tanah Minahasa yang ingin berdiri sendiri, mandiri dan menjadi daerah otonom. Daerah-daerah yang sudah resmi dimekarkan seperti Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Tenggara. Daerah-daerah Kabupaten ini berdiri sendiri dengan menggunakan sub-etnis masing-masing daerah sesuai dengan pembagian sub-etnis di Tanah Minahasa. Hal ini menjadi dasar pertimbangan diangkatnya tema “ Refleksi Budaya sub-etnis Toulour dalam Rancangan Arsitekturâ€, karena Kantor Bupati Minahasa terletak di Tondano dengan sub-etnis Toulour.

Sebagai hasilnya adalah rancangan Kantor Bupati yang efisien dan mencerminkan kebudayaan Toulour. Diharapkan Kantor Bupati ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas Pemerintah Kabupaten Minahasa, mensejahterakan kehidupan masyarakat tanah Minahasa dan masyarakat Minahasa bisa melestarikan kebudayaan sub-etnis Toulour.

Kata kunci      :  Kabupaten Minahasa, Kantor, sub-etnis Toulour


[1] Mahasiswa PS1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Downloads

Published

2013-08-15