FIRE STATION KOTA MANADO (PENERAPAN KARAKTERISTIK API DAN AIR DALAM ARSITEKTUR)

Authors

  • Rieka M Angkouw
  • Herry Kapugu

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i2.2099

Abstract

ABSTRAK

Semakin padatnya penduduk dan bangunan di Kota Manado maka resiko terjadinya bencana kebakaran semakin meningkat. Bencana kebakaran pada bangunan maupun lingkungan dapat menimbulkan kerugian baik berupa kerugian material maupun korban manusia.

Untuk itu Kota Manado membutuhkan Fire Station atau pemadam kebakaran yang senantiasa siap siaga dalam menanggulangi bencana kebakaran yang rentan terjadi pada masyarakat perkotaan. Selain itu juga banyaknya bangunan yang dibangun saling berdekatan, serta bahaya meluasnya kebakaran yang beresiko tinggi, yang tidak dapat diatasi oleh masyarakat awam. Disinilah diperlukan tenaga terlatih yang kompeten dengan peralatan memadai untuk membantu masyarakat terhadap bahaya kebakaran. Kemudian diambil tema yaitu “Penerapan karakteristik Api dan Air dalam Arsitektur†dengan maksud agar dapat mendukung objek Fire Station Kota Manado yang akan dirancang.

Hadirnya objek ini kiranya dapat memberi rasa aman kepada masyarakat Kota Manado dari ancaman bahaya kebakaran, selain itu juga objek ini memberi ruang kepada masyarakat untuk dapat menambah edukasi tentang bahaya kebakaran.

Kata kunci: Fire Station, Api dan Air.

Downloads

Published

2013-08-15